Tabloidseleberita – Lady Diandra menghadirkan ‘Light 2 Hope’ untuk perlindungan anak-anak Indonesia.

Lady Diandra, Puteri Indonesia DKI Jakarta 2,  2024, mencoba memperjuangkan isue kekerasan seksual yang dialami anak sekolah melalui advokasi “Light 2 Hope”.

Hal itu ia ungkapkan dalam soft lounching  “Kota dan Sekolah yang Aman untuk Perempuan.” Itu tak lepas dari fakta statistik, yakni 91,6% anak muda pernah melihat, mendengar, atau mengalami kekerasan seksual.

Lady menjelaskan, yang memprihatinkan isue ini bisa ditemukan di rumah, sekolah, transportasi umum, bahkan dijalanan. Karena itu “Light 2 Hope,” fokusnya pada peningkatan kesadaran, perlindungan korban, dan advokasi hingga ke tingkat nasional.

Tapi meskipun kesadaran di kalangan anak muda sudah tinggi, pemahaman yang lebih mendalam dan upaya pencegahan menjadi sangat penting. Pemerintah telah menetapkan kebijakan melalui UU KS, namun implementasinya memerlukan dukungan gerakan masyarakat.

“Tapi akses ke pendanaan juga menjadi tantangan.  Banyak masyarakat Indonesia tidak mampu mendapatkan dukungan psikologis. “Light 2 Hope” bertujuan menjadi platform pendanaan bagi organisasi yang menyediakan konseling bagi korban kekerasan seksual, mengatasi hambatan keuangan yang menghalangi akses bantuan psikologis,” tandasLady,  penggagas Light 2 Hope.

Peluncuran advokasi ini melibatkan Sikkharini Cintantya Dwisthi, yang dilkenal sebagai Konsultan Perencanaan Strategis dan Strategi Perkotaan dari London, serta Hanna Raisya, Analis Kebijakan Pendidikan dari PSPK. Kedua pembicara ini memberikan wawasan tentang menciptakan sekolah dan kota yang aman untuk mencegah kasus kekerasan seksual yang semakin marak.

“Kami berharap Light 2 Hope akan memicu lebih banyak diskusi tentang batasan, persetujuan, dan elemen lainnya, membentuk budaya anti kekerasan seksual dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya jelas, pencegahan dan pengurangan kasus, dengan prioritas pada perlindungan korban,” pungkas Lady Diandra, Puteri Indonesia DKI Jakarta 2 2024.

Hero/NM