tabloidselebrita, – “Bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Itulah nukilan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Berlaku bagi semua bangsa-bangsa di dunia yang menghargai hak asasi kemanusiaan, dan tetap relevan di setiap zaman.

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Malaysia merdeka tepat 12 tahun setelah Indonesia merdeka, yaitu pada tanggal 31 Agustus 1957.

Di bawah panji spirit kemerdekaan, orang-orang berkumpul di Dewan Belia Lebuh Acheh, 10450 George Town Pulau Pinang Malaysia, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Bendera simbol Negara dua bangsa dikibarkan. Lagu kebangsaan Malaysia (Negaraku) dan lagu kebangsaan Indonesia (Indonesia Raya) pun dikumandangkan.

Mereka tengah merayakan kemerdekaan bangsa dan Negaranya; Indonesia dan Malaysia, bertajuk “Sempena Sambutan Hari Kemerdekaan 2023.”

Acara ini dimulakan sejumlah masyarakat setempat, pelajar Malaysia dan Indonesia, serta warga Indonesia yang tinggal dan atau bekerja di kota ini.