TANGERANG, TABLOIDSELEBERITA – Restoran Sambal Seruit Indonesia, yang dikenal dengan sajian kuliner khas Lampung, meresmikan pembukaan cabang keduanya di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (13/1/2024). Sebelumnya, restoran ini telah sukses menjadi tempat makan favorit keluarga di Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Pembukaan gerai baru Sambal Seruit Indonesia menjadi momen istimewa dengan dukungan langsung dari Chef Ramos, yang terkenal melalui ajang Masterchef Indonesia. Acara pembukaan turut dihadiri oleh Bupati Pesawaran Lampung, Dendi Ramadhona, yang memberikan dukungan khusus untuk anak-anak muda Lampung yang berusaha mengangkat citra daerah mereka.

Bupati Dendi berharap restoran ini tak hanya mempopulerkan kuliner khas Lampung tetapi juga memperkenalkan nilai-nilai budaya dalam setiap hidangannya. “Seruit berasal dari kata nyeruit yang berarti dilakukan bersama-sama, menciptakan kebersamaan antar keluarga, teman, dan saudara,” ungkap Bupati Dendi.

Resto ini menawarkan sajian andalan berupa sambal seruit, sejalan dengan menu-menu lain seperti ayam bakar, ikan bakar, pindang patin, dan variasi lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Dendi mengungkapkan rasa bangganya sebagai pecinta kuliner Lampung, khususnya sambel seruit yang kaya akan variasi, seperti sambel sayur mayur, ikan pakai kuah pindang, dan seruit dengan tambahan tempoyak, petai, dan jengkol.

Muhajir, pemilik Sambel Seruit Indonesia, menyatakan komitmennya untuk mengangkat cita rasa otentik Lampung dalam setiap hidangan. Beliau menekankan bahwa 80 persen karyawan restorannya berasal dari Lampung, memberikan dampak positif terhadap lapangan pekerjaan di daerah tersebut.

Chef Ramos, dari Masterchef Indonesia, memberikan apresiasi terhadap pergeseran konsep anak muda dalam ekonomi kreatif, khususnya di bidang kuliner. Ia berharap makanan khas Lampung dapat dikenal luas oleh masyarakat karena menggunakan bahan baku asli dari wilayah Lampung.

Sambal khas Lampung yang digunakan dalam hidangan restoran ini dibuat dengan tomat kecil yang diulek bersama cabe, memberikan cita rasa yang sangat khas.

Dalam penutupnya, Chef Ramos mengajak semua orang untuk mencicipi kelezatan sambal Lampung, memastikan bahwa Lampung memiliki sambal yang patut diakui oleh semua kalangan. and