JAKARTA, TABLOIDSELEBERITA – Sarung sebagai salah satu budaya yang kental dengan kehidupan masyarakat Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Sarung dikenal di kalangan berbagai lapisan masyarakat, baik kalangan atas, menengah, maupun kecil. Bahkan umat muslim menggunakan sarung sebagai bagian dari ritual ibadah.

Dengan beragam motif dan jenisnya, serta kreasi dalam penggunaannya, sarung mampu menambah daya tariknya dan menjadikannya salah satu ikon dunia mode yang khas dari Indonesia.

Maka tak salah jika sebuah kegiatan bertajuk ‘Begaya Sarung’ yang sebelumnya sukses diselenggarakan pada 2016, kini kembali hadir dalam rangka memeriahkan Perayaan HUT Kota Jakarta ke 496. Acara ini juga menjadi momen mengapresiasi sarung sebagai bagian dari budaya nasional, yang di budaya Betawi dapat dilihat melalui tarian dan teater tradisi seperti Lenong.

Ketua Pelaksana Begaya Sarung, Harry De Fretes menjelaskan, tujuan acara ini digelar guna mengajak masyarakat untuk mencintai dan melestarikan sarung sebagai warisan budaya Indonesia. Sekaligus, memeriahkan Peringatan Ulang Tahun Jakarta yang ke 496. Ajang ini pun menjadi upaya kembali menggaungkan kebanggaan memakai sarung pada masyarakat.

“Sarung adalah bagian dari budaya kita dan bukan hanya budaya Betawi. Konsepnya lebih ke fashion, bagaimana memadukan sarung sebagai fashion,” ujar Harry.

Nantinya ada juara yang dipilih dari sekitar 50 peserta oleh dewan juri lomba yang terdiri dari Firman Ichsan, Debby Sahertian dan Denny Malik.

Harry menambahkan, ajang ini juga mendukung program pemerintah di bidang ekonomi kreatif karena melibatkan UMKM.

“Kita memberikan ruang kreativitas bagi generasi muda dalam industri fashion, juga meningkatkan rasa bangga terhadap produk lokal serta berkontribusi dalam promosi pariwisata serta keterlibatan UMKM,” ujar Harry lagi.

Ajang ini juga diisi talkshow yang dipandu Harry De Fretes dengan tajuk ‘Artis Berpolitik? Ga Salah?’ yang menghadirkan artis Camel Petir yang maju sebagai caleg dari PKB di Dapil Jabar III (Kota Bogor dan Cianjur). Lalu ada pula talkshow bertajuk ‘Pentingnya Digitalisasi Dalam Bisnis’ yang menghadirkan Dr Faransyah Agung Jaya selaku pembicara.

Ajang Begaya Sarung ini merupakan kerjasama antara Bibir Jakarta sebagai dengan didukung Blok M Square serta Othman Media Khreasindo dan digelar sejak 30 Juni hingga 2 Juli 2023. Pembukaan ajang ini sendiri dihadiri beberapa tokoh penting, antara lain Walikota Jaksel, Kepala Dinas Kebudayaan DKI, dan artis yang sekalgus selaku Ketua Pelaksana Harry De Fretes.

Sebagai informasi, rangkaian kegiatan Bergaya Sarung ini di antaranya Lomba Bergaya Sarung, Bazaar UMKM dengan aneka produk, Tarian Betawi Cupang Menor, Musik Gambus, Fashion Show dan talkshow. my