Tabloid Seleberita,- Akibat dugaan pelecehan seksual dalam gelaran Miss Universe Indonesia 2023 Memasuki babak baru, Organisasi Miss Universe akhrnya mencabut lisensi dengan PT. Capella Swastika Karya dan Direktur Nasionalnya, Poppy Capella.

Hal ini terungkap dalam pernyataan resmi di akun instagram terverifikasi Miss Universe pada Sabtu(12/8/20230) pernyataan tertulis menyebutkan bahwa Organisasi Miss Universe menghentikan kerja sama dengan pihak Poppy Capella yang menjabat National Director and Owner Miss Universe Indonesia.

“In light of what we have learned took place at Miss Universe Indonesia, it has become clear that this franchise has not lived up to our brand standards, ethics, or expectations as outlined in our franchise handbook and code of conduct,” tulis pihak Miss Universe Organization.

Miss Universe 2023

Lebih lanjut Miss Universe juga menjelaskan yang apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia sebagi berikut “Mengingat apa yang telah kami pelajari terjadi di Miss Universe Indonesia, jelas bahwa waralaba ini tak memenuhi standar merek, etika, atau harapan kami sebagaimana diuraikan dalam buku panduan waralaba dan kode etik kami.”

Dalam pernyataannya juga ditegaskan bahwa organisasi Miss Universe menyediakan tempat aman bagi perempuan selamanya jadi prioritas utama mereka. Karenanya, dugaan pelecehan seksual dalam pergelaran di Indonesia tempo hari dinilai mencederai semangat Organisasi Miss Universe.

“Menyediakan tempat aman bagi wanita adalah prioritas utama Organisasi Miss Universe dan sesi acara di kontes khusus tersebut sangat bertentangan dengan yang kami perjuangkan selama ini sebagai organisasi,” imbuhnya dalam bahasa Inggris.

Miss Universe 2023

kasus dugaan pelecehan seksual dalam sesi body checking yang kini ditangani pihak kepolisian RI pada gelaran Miss Universe Indonesia 2023, Organisasi Miss Universe siap mengevaluasi kebijakan dan standar prosedur untuk memastikan keamanan para peserta di masa mendatang.

“Kami juga sedang mengevaluasi perjanjian waralaba saat ini serta kebijakan dan prosedur untuk mencegah kejadian ini terjadi (lagi) dan untuk memastikan bahwa acara mendatang di seluruh dunia tetap berada dalam standar merek yang telah kami tetapkan,” ungkapnya.

Poin penting dalam pernyataan sikap Miss Universe yaitu siapa yang akan melenggang ke Miss Universe mewakili Indonesia. “(Kami) akan mengatur pemegang gelar Indonesia 2023 untuk bersaing di Kontes Miss Universe tahun ini,” Organisasi Miss Universe menjanjikan. (Lz)