Tabloidseleberita  – Berlangsung selama dua hari pada 21-22 Oktober 2023 di Beach City International Stadium Ancol, Round Festival 2023 sukses dengan lebih dari 15,000 penonton secara keseluruhan. Kemeriahan ROUND Festival 2023 dipandu oleh salah satu anggota grup SGO asal Korea, Ji Hyun Woo. Berlangsung meriah, ROUND Festival 2023 sukses membuat kolaborasi antar 10 negara ASEAN dan Korea.

Tak kalah seru dari hari sebelumnya, penampil hari ini datang dari Thailand, Lao PDR, Viet Nam, Singapura, Korea dan tentunya sang tuan rumah, Indonesia.

Acara dibuka dengan penampilan apik ASIA7 dari Thailand, dengan penggunaan alat musik tradisional sebagai bagian kental dari aransemen musiknya. Selanjutnya, Black Eyes sebagai representasi Lao PDR tampil dengan permainan lighting yang dinamis dalam tujuh lagu yang sangat dinikmati penonton.

Dari Viet Nam, solois perempuan, PHÁO menawan dan feminin yang khas dengan lagu-lagu yang dibawakannya. Bersama dengan dancer yang meramaikan panggung, PHÁO membawakan lagu A Day Without Sunshine, sekaligus dengan TikTok dance dari membesarkan lagu tersebut. Kontras dengan PHÁO, brb. dari Singapura lanjut mengisi panggung yang disambut riuh penonton. Meski tidak dengan formasi lengkap anggotanya, brb. tetap tampil maksimal.

Pada hari ini, Korea memiliki beberapa penampil yakni Galaxy Express, Jimmy Brown dan SURL. Dibuka dengan Galaxy Express yang sesuai namanya, menampilkan set panggung penuh galaksi bernuansa biru dan hijau. Jimmy Brown yang beranggotakan tiga orang melelehkan hati penonton dengan penampilan yang memukau pada lagu Typin’. Yang terakhir, SURL memekakkan telinga dengan antusiasme para penonton fanatik, yang menyebut dirinya KBAND stan. Solo gitar pada lagu Light Behind You dan adegan loncat meriah penonton pada lagu NO JAM meninggalkan kesan bagi yang menikmatinya.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menghadirkan dua pemuda bangsa, Pamungkas dan Ardhito Pramono. Menjadi tahun kedua bagi Pamungkas bermain di panggung ROUND Festival 2023 setelah sebelumnya tampil di Singapura, penampilannya tetap mengagumkan dan terasa intim. Membawakan deretan lagu dengan aransemen berbeda, gema suara penonton mengisi area festival yang ikut bernyanyi, khususnya pada lagu penutup To The Bone. Sementara Ardhito Pramono, mengalunkan aransemen jazz menggigit dalam setiap lagunya, yang diakhiri meriah dengan lagu Superstar yang bertaburan confetti.

Kolaborasi antara 10 negara ASEAN dan Korea sukses dilangsungkan melalui ROUND Festival 2023. Dilihat dari kolaborasi di atas panggung antar artis, seperti yang dilakukan Jimmy Brown yang mengajak brb. maupun Isyana Sarasvati dan Se So Neon. Lebih daripada itu, para penampil mengungkapkan ketertarikannya bekerjasama dengan sesama artis ASEAN maupun Korea di kemudian hari.

ROUND Festival menjadi ajang kolaborasi yang apik dari sisi seni dan budaya. Nantikan kemeriahan ROUND Festival yang diharapkan akan terus ada kedepannya. ( Hero/NM)