Tabloidseleberita, – Memiliki anjing sebagai hewan peliharaan tidak hanya memberikan kebahagiaan tetapi juga tanggung jawab besar untuk memastikan kesehatannya terjaga, salah satunya melalui pemberian makanan yang tepat. Ada dua jenis utama makanan untuk anjing yang bisa dipertimbangkan, yaitu raw food (makanan mentah) dan dry food (makanan kering). Keduanya memiliki manfaat yang berbeda serta kebutuhan pemeliharaan yang berbeda pula.

Raw Food (Makanan Mentah)

Raw food adalah makanan alami yang belum diolah, seperti daging mentah, sayuran mentah, dan beberapa bahan lain. Contohnya bisa berupa potongan daging sapi atau ayam mentah, wortel mentah, atau hati ayam.

Manfaat Raw food antara lain Membantu anjing yang kelebihan berat badan dan menurunkan berat badan secara alami, Meningkatkan kualitas bulu, membuatnya lebih bercahaya dan sehat, Meningkatkan sistem pencernaan, membuatnya lebih efisien, Menghindari alergi pada beberapa anjing yang memiliki sensitivitas terhadap makanan tertentu serta Memberikan kandungan antioksidan dan gizi yang baik untuk pertumbuhan. Selain banyak manfaat jenis makanan Raw food ada juga yang perlu diperhatikan saat memberikan makanan mentah ke anjing peliharaan, Pemilik harus memperhatikan Kebersihan dengan memastikan makanan mentah bersih dari kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan penyakit, selain itu Keseimbangan Nutrisi harus juga diperhatikan pemilik Harus menyesuaikan dengan usia dan berat badan serta kondisi kesehatan anjing untuk mencegah kelebihan gizi atau obesitas, selain itu Perhatikan tingkat alergi yang mungkin dimiliki oleh anjing.

Mempersiapkan raw food memerlukan waktu yang cukup lama. Mulai dari memilih bahan yang berkualitas, membersihkan, memotong, hingga menyimpan makanan dengan benar.
Memberikan makanan mentah berisiko membuat anjing kekurangan nutrisi tertentu jika tidak diatur dengan baik. Dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang kebutuhan nutrisi anjing agar diet mereka seimbang.
Raw food memiliki risiko kontaminasi bakteri seperti Salmonella atau E. coli yang bisa membahayakan anjing jika tidak dipersiapkan dan disimpan dengan benar.

Menggunakan bahan-bahan mentah berkualitas tinggi bisa lebih mahal dibandingkan membeli dry food komersial.

Dry food ( Makanan Kering )

Makanan olahan yang terbuat dari campuran bahan-bahan seperti tulang ayam, daging, susu, biji-bijian, dan gandum yang diolah menjadi bentuk kering Contoh merek yang terkenal adalah Muffin’Favorite Banyak Manfaat Dry Food buat Anjing Peliharaan, Makanan dry food dapat Mencegah Plak yaitu Membantu mencegah timbulnya plak pada gigi anjing, Meningkatkan imunitas dan mendukung tumbuh kembang anjing menjadi lebih sehat, Mudah diberikan secara praktis dan memiliki aroma yang menarik bagi anjing, Nutrisi lengkap karena Mengandung kalsium, karbohidrat, dan protein yang dibutuhkan, terutama bagi anjing puppy atau yang sedang dalam masa pertumbuhan

Dry food diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi anjing dengan seimbang. Biasanya mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan oleh anjing.

Dry Food Tidak memerlukan persiapan seperti raw food. Makanan kering dapat langsung diberikan kepada anjing, sehingga lebih praktis dan menghemat waktu, selain itu Struktur kibble pada dry food membantu membersihkan gigi anjing saat mereka mengunyah, mengurangi risiko plak dan masalah gigi lainnya.

Dry food lebih mudah disimpan dan lebih tahan lama dibandingkan raw food. Tidak ada risiko kontaminasi bakteri jika disimpan dengan benar.

Muffin’s Favorite sebagai brand dry Food adalah salah satu makanan kering yang direkomendasikan karena memiliki banyak kelebihan, antara lain :

Muffin’s Favorite

Mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot anjing serta
mengurangi Bau Poop, diformulasikan untuk mengurangi bau poop dan membuatnya lebih kering, yang memudahkan pemilik anjing dalam membersihkan.
Cocok untuk Segala Usia, sesuai untuk semua usia anjing, dari puppy hingga dewasa, sehingga tidak perlu mengganti merek seiring bertambahnya usia anjing.
Kesehatan Pencernaan, Mengandung berbagai jenis serat yang baik untuk kesehatan pencernaan anjing.
Kesehatan Kulit dan Bulu, Mengandung Omega 3 & 6 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat bulu anjing berkilau.
Desain Kibble dirancang khusus untuk menyesuaikan dengan struktur gigi anjing, membuatnya mudah dikunyah dan membantu menjaga kesehatan gigi.

Kesimpulannya memilih antara raw food dan dry food bergantung pada kebutuhan spesifik anjing dan preferensi pemilik. Raw food bisa memberikan manfaat alami tetapi memerlukan persiapan yang teliti dan pengetahuan tentang nutrisi yang seimbang. Di sisi lain, dry food seperti Muffin’s Favorite menawarkan kepraktisan dan gizi yang sudah terjamin, menjadikannya pilihan yang baik untuk pemelihara anjing yang ingin memastikan anjing mereka mendapatkan nutrisi yang optimal dengan cara yang praktis.