Tabloid Seleberita,- Mantan bupati Indramayu, Lucky Hakim menceritakan momen dirinya menyanyikan lagu Hevenu Shalom Aleichem saat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun beberapa tahun silam.

Lucky mengaku awalnya tidak mengetahui jika lagu tersebut merupakan lagu Yahudi. Dia mengira lagu yang ia nyanyikan berbahasa Belanda.

“Kalau sekarang pada nanya ’emang gak tau itu bahasa Yahudi?’ Saya tidak pernah belajar bahasa Yahudi, benaran. Cari bukti saya pernah belajar bahasa Yahudi. Saya enggak tahu kalau itu bahasa Yahudi,” ujar Lucky kepada wartawan di Bareskrim Polri Jumat (14/7/2023).

“Malah sempat berpikir itu bahasa Belanda, apa bahasa depannya, “shaloom” oh shalom kan kalau orang Nasrani kan shaloom bukan assalamualaikum,” imbuhnya.

Lukcy mengaku dirinya tidak menaruh curiga dan mengikuti instruksi Panji Gumilang. “Terus diajarkan untuk bernyanyi dan semua diminta untuk berdiri, ya saya berdiri,” ungkapnya.

“Karena yang mau mengajarkan saya waktu itu adalah pimpinan pondok pesantren terbesar se-Indonesia yang akan mengajarkan ilmu, ya, kita berdiri dengan terheran-heran sebenarnya,” katanya. (lz)