Tabloid Seleberita,- Polusi Udara di Jakarta yang semakin buruk akhir-akhir ini menuai banyak protes dari masyarakat terutama yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu Publik Figur yang cukup Vokal memprostes polusi Udara Jakarta adalah Ayudia Bing Slamet, ia mengkritik pemerintah soal penanganan polusi udara.

Ayudia Bing Slamet, terlihat mengunggah ulang berita yang menginformasikan soal Menteri Perhubungan, Budi Karya, yang mempertimbangkan opsi 4 in 1 untuk kendaraan bermotor. Ayudia mengapresiasi usulan itu.

Akan tetapi menurut Ayu, penyebab utama polusi udara bukanlah hanya dari kendaraan bermotor, adanya pengaruh limbah pabrik yang tersebar di daerah pinggiran Jakarta juga turut andil menghasilkan polusi udara saat ini.

“Regulasi untuk mobil, oke. Terus limbah pabriknya gimana? Pabriknya gak disuruh apa-apa? Pengusahanya gak disuruh antisipasi juga? Pembangkit listrik yang dekat dengan warganya gimana? Kajian Amdal-nya gimana?” tulis Ayudia Bing Slamet di Instagram Story.

Ayudia merasa geram karena seolah-olah masyarakat yang selalu disalahkan, padahal bisa saja akibat kesalahan orang-orang yang memiliki kuasa. “Selalu dibikin kayak kita yang salah. Rakyat kebanyakan yang salah. Padahal, bisa jadi salah segelintir orang yang salah ambil keputusan/orang gak bertanggung jawab. Kita-kita lagi yang dibuat guilty,” jelas Ayudia.

Dari pengalamannya sebagai Traveler, Ayudia bercerita bahwa pada saat dirinya mengunjungi kota-kota diluar negeri yang tingkat kemacetannya tinggu namun langitnya tetap berwarna biru.

“Setiap kita traveling sampai ada kota yang macet pun dipenuhi dengan mobil, langit tetap bening. Karena percayalah, transportasi memang penyumbang polusi, tapi bukanlah penyebab utama,” tuturnya.

Lebih lanjut Ayudia berpendapat bahwa masyarakat pasti akan menurut terhadap peraturan yang dibuat pemerintah. Akan tetapi, jika limbah pabrik tetap berjalan semua usaha masyarakat akan sia-sia.

“Kalau kita sudah nurut, limbah besarnya tetap jalan? Asap kepulnya tetap ada? Dekat pemukiman warga pula. Ya sama ajaaaaaaaaa. Kalau bingung atau butuh bantuan ahli juga bilang gak sih? Sediain budgetnya,” tulis Ayudia. (Lz)