Beranda RAGAM Kahf Target Selesaikan Pembangunan 3 Masjid

Kahf Target Selesaikan Pembangunan 3 Masjid

0
PerjalananBerKahf

Tabloidseleberita – Brand lokal perawatan diri halal dan modern untuk pria Kahf, memperkenalkan kampanye #PerjalananBerKahf dengan tagline “Ada keberkahan dalam setiap perjalanan”. Kampanye ini telah bergulir dari awal bulan, hadirkan mesjid di Desa Poco Dedeng Kecamatam Lembor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan Yayasan Mesjid Nusantara, Masjid ini dinamai masjid Al-Kahf.

Kampanye #PerjalananBerKahf ini tujuannya mengajak masyarakat melalui ratusan komunitas untuk beramal dan menjadi berkah dengan kreativitas masing-masing. Hadir sebagai narasumber; Billy Dharmawan selaku Brand Manager KAHF, Pras Purworo selaku Direktur dari Yayasan Masjid Nusantara, Adhin Abdul Hakim selaku Aktor dan Host dari Yayasan Masjid Nusantara, serta Ricky Harun selaku Aktor dan representatif KAHF Bro.

PerjalananBerKahf

Kampanye #PerjalananBerKahf telah memberdayakan 100 komunitas terpilih dari 18 kota di seluruh Indonesia mulai dari Aceh, Medan, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Samarinda, Semarang, Jogjakarta, Banjarmasin, Surabaya, Malang, Bali, Makasar, dan Mataram. Kampanye akan terus berjalan hingga akhir tahun ini dengan menargetkan 3 masjid selesai dibangun bekerjasama dengan Yayasan Masjid Nusantara dimana masjid Al-Kahf adalah yang pertama.  

“Peluncuran kampanye #PerjalananBerKahf ini sesuai dengan visi Kahf, yaitu memberikan kontribusi positif dan menyebarkan kebermanfaatan kepada lingkungan sekitar melalui semangat “brotherhood” yang menjadi semangat penggerak program-program Kahf. Kampanye #PerjalananBerKahfsudah berjalan dari awal bulan puasa dan telah mewujudkan hasil nyata yaitu pembangunan mesjid di daerah terpencil berkolaborasi dengan Yayasan Mesjid Nusantara. Besar harapan kami kampanye ini dapat melibatkan lebih banyak komunitas sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal bagi masyarakat secara berkelanjutan”, ujar Billy Dharmawan selaku Brand Manager KAHF.

Masjid Al-Kahf berada di desa terpencil di kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Untuk mencapao desa ini bisa ditempuh dengan mobil kurang lebih  4 – 5 jam dari Labuan Bajo. Masjid ini sebenarnya sudah berdiri dari tahun 60-an dan sudah mengalami beberapa kali pemugaran dengan bahan seadanya. Masjid berukuran 8×8 Meter tadinya berdinding seng dan bambu.

Pras Purworo, selaku Direktur Yayasan Masjid Nusantara mengatakan, “Sungguh sebuah berkah ramadan dapat berkolaborasi dengan Kahf dalam memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di pelosok Indonesia. Melalui kampanye #PerjalananBerKahf, seperti pembangunan masjid Al-Kahf ini, kami berharap dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat akan tempat ibadah yang layak dan nyaman. Hal ini sejalan dengan visi dari Yayasan Masjid Nusantara sendiri.”

PerjalananBerKahf

Proses pembangunan sudah di mulai sejak 22 Maret 2023, dimulai dengan membongkar dan merobohkan bangunan masjid yang lama. Saat ini bangunan mesjid yang memiliki luas menjadi 9 x 9 meter, sudah sampai pada tahap pengerjaan dinding dan atap, lalu akan segera menyusul pemasangan jendela dan pintunya. Masjid Al-Kahf direncanakan akan selesai dibangun seminggu sebelum Idul Fitri sehingga dapat digunakan masyakarat untuk melaksanakan sholat Idul Fitri.

“Saya menyaksikan sendiri bagaimana progres dari pembangunan Mesjid Al-Kahf di Sumba beberapa waktu lalu. Masyarakat Desa Poco Dedeng sangat antusias dalam pengerjaan pembangunan masjid ini, sebelum mulai pengerjaan bahkan mereka sudah menampung air hujan yang nantinya dibutuhkan dalam pembangunan fisik masjid. Setiap hari masyarakat secara bergantian ikut swadaya mulai dari mengangkat bahan bangunan, mengaduk semen, dan pekerjaan-pekerjaan sederhana lain. Membuat saya refleksi diri apa yang saya telah perbuat dalam amal ibadah saya pribadi tahun ini. Insyallah, melalui kampanye #PerjalananBerKahf, semakin banyak orang yang terinspirasi untuk ikut beramal dalam pembangunan masjid di seluruh Indonesia”, tambah Adhin Abdul Hakim selaku Aktor dan Host dari Yayasan Masjid Nusantara.

Tim ahli pembangunan masjid yang datang dari luar daerah untuk bertanggungjawab atas projek pembangunan masjid Al-Kahf disambut baik dan difasilitasi oleh masyarakat, seperti tempat tinggal dan makan mereka sehari-harinya. Pengerjaan masjid Al-Kahf ini sangat guyub karena dari masyarakat sendiri sudah sangat lama mendambakan memiliki masjid yang bagus dan layak sebagai tempat ibadah.

Ricky Harun selaku Aktor, dan representatif KAHF Bro mengatakan, “Saya sangat terinspirasi dengan kampanye #PerjalananBerKahf ini. Mewakili Kahf Bro saya menghargai upaya Kahf dalam memfasilitasi komunitas untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah sosial atau lingkungan. Semangat “brotherhood” di Ramadan ini fokus memotivasi orang untuk melakukan aksi bantu sesama sebagai bentuk dari amanah ibadah, serunya lagi sesuai dengan versi dan kreativitas masing-masing.”

Komunitas terpilih yang terlibat dalam kampanye #PerjalananBerKahf hadir membawa berbagai ide gerakan di bulan Ramadan, sesuai dengan tagline kampanye “Ada keberkahan dalam setiap perjalanan”. Mulai dari charity run yang dilakukan oleh komunitas lari untuk penggalangan dana, aktivitas mobile education yang juga dilakukan komunitas pendidikan untuk memberikan edukasi di daerah terpencil, aktivitas safari ngaji dari komunitas muslim untuk mengajarkan mengaji dari satu masjid ke masjid yang lain, hingga aktivitas mudik berkah yang dilakukan komunitas otomotif melalui kegiatan mudik bersama dengan memberikan edukasi safety riding dan pembagian logistik kepada pemudik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here