Tabloidseleebrita, – Berita yang sedang beredar saat ini yang menyebut Budayawan Emha Ainun Nadjib atau yang biasa dipanggil Cak Nun wafat adalah Hoaks.

Kabar yang beredar berawal dari broadcast di berbagai grup whatsApp, “BERITA LELAYU: Telah puang ke Rohmatullah: M.H. Ainun Najib (Cak Nun)”. akan tetapi kabar tersebut ditepis oleh akun @ranggavega yang mengaku mendapat informasi dari Gitaris Letto, Patub.

“Melalui mas @PatubMbel saya nyuwun penerangan, Alhamdulillah wa syukurillah Cak Nun masih sugeng (sehat), masih di antara kita semua,” tulisnya pada Rabu. Ia pun meminta doa untuk terus mendoakan kesehatan Cak Nun.

Setelah dipastikan kepada Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr. Sardjito, Banu Hermawan saat dihubungi awak media Rabu (26/7) mengatakan bahwa benar berita tersebut tidak Benar. “Njih (kabar hoaks)”.

Lebih lanjut Banu menyebutkan Cak Nun hingga kini masih dalam penanganan medis RSUP Dr. Sardjito

“Masih kami rawat seoptimal mungkin,” ujarnya.

Seperti diketahui Cak Nun menjalani perawatan di RSUP Sardjito Yogyakarta sejak kamis pagi (6/7/2023) setelah tak sadarkan diri.

Pihak management sendiri melalui Sekretariat Emha Ainun Nadjib dan Kiai Kanjeng ikut membagikan tulisan Ahmad Syakurun Muzakki, adik CakNun. Dituliskan Zakki bahwa kondisi kakaknya itu sekarang ini sehat.

“Kemarin, saya nulis tentang kabar Mbah Nun dengan judul: Netizen bertanya. Hari ini mulai pagi judul itu nyata: berpuluh-puluh orang Whatsapp dan telepon saya. Bertanya keadaan Mbah Nun. Dan menanyakan berita yang beredar,” tulis Zakki.

“Saya jawab singkat. Masih sama seperti kemarin: Cerah. Bismillah,” lanjut dia.

Dia juga menyebut siang ini Syeikh Mustofa Mas’ud Haqqani hadir menjenguk Cak Nun. “Kami berbincang lama. Saling menanyakan kabar dan keadaan. Alhamdulillah di ujung pertemuan, beliau memimpin doa. Amin Amin kami membangkitkan kekuatan karena kebersamaan,” ujarnya.

Sejak dirawat di rumah sakit, sejumlah tokoh datang dan mendoakan untuk kesembuhan CakNun. diantaranya yang datang langsung untuk menjenguk adalah Presiden Joko Widodo ke RSUP Dr. Sardjito, pada Minggu (9/7).

Terpantau beberapa tokoh lain yang menjenguk Cak Nun antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketum PKB Muhaimmin Iskandar, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, serta budayawan dan sastrawan, Sujiwo Tejo juga seniman Nasirun. (lz)