Tabloidselebrita, – Ikimonogakari dibentuk pada tanggal 1 Februari 1999 oleh Yoshiki Mizuno dan Hotaka Yamashita, yang bersekolah bersama sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Nama “Ikimonogakari” (secara bebas diterjemahkan menjadi ‘Tim Makhluk Hidup yang Bertanggung Jawab’) berasal dari kegiatan mereka memberi makan ikan mas saat kelas satu sekolah dasar.

Mereka memulai karir dengan mengamen di jalan-jalan di Atsugi dan Ebina, serta sepanjang Jalur Odakyu. Pada tanggal 3 November 1999, grup ini menjadi trio setelah Kiyoe Yoshioka, adik perempuan teman sekelas mereka, bergabung secara spontan dalam salah satu sesi mengamen mereka.

Ikimonogakari meraih debut major label pada tanggal 15 Maret 2006 dengan lagu “SAKURA”. Mereka kemudian merilis banyak lagu hits seperti “Arigatou”, “YELL”, “Blue Bird”, dan “Kaze ga Fuiteiru”.

Sejak musim panas 2021, Ikimonogakari beroperasi sebagai duo lagi. Pada tanggal 3 Mei 2023, mereka merilis “STAR”, lagu pertama mereka sebagai duo, dan mengadakan pertunjukan gratis di Vina Walk, Ebina, yang menarik lebih dari 8.000 orang.

Pada tanggal 13 September 2023, mereka merilis single ke-34 “Ureshikute/Tokimeki”, single pertama dalam dua tahun terakhir. “Ureshikute” adalah lagu tema untuk film “Pretty Cure All Stars F”, sementara “Tokimeki” adalah lagu ulang tahun ke-20 Precure dan digunakan sebagai lagu pembuka untuk anime “Kibo no Chikara – Otona Pretty Cure ’23”.

Pada tanggal 13 Desember 2023, Ikimonogakari merilis album pertama mereka sebagai duo dan album ke-10 secara keseluruhan.

Sejak Februari 2024, mereka memulai tur hall musik pertama mereka dalam 12 tahun terakhir, dengan judul tur “Ikimonogakari’s Hello Everyone Tour!! 2024 –You, Me, Everyone, Let’s Sing!”.