Tabloidseleberita – Memasuki tahun 2024, Widasroom baru-baru ini merilis karya terbarunya dalam bentuk music video (MV). Ia bekerja sama dengan sutradara Bimo Zulkarnain dari Progressinema, merilis MV untuk single “apa arti sahabat sejati”.

“MV lagu ini bercerita tentang tiga orang sahabat yang ketemu lagi setelah lama berpisah,” ucap Widasroom. Menjadi istimewa karena MV “apa arti sahabat sejati” melibatkan tiga artis dwarfisme, yakni kondisi medis atau genetik yang menyebabkan seseorang memiliki postur tubuh lebih pendek daripada manusia pada umumnya.

“Pemilihan kenapa artis yang dipilih adalah artis dengan dwarfisme, karena gue ingin inklusif dengan karya seni yang gue kerjakan. Kebetulan Bimo juga punya visi yang sama,” terangnya ketika ditanya perihal pemilihan talent. Karya MV ini adalah yang pertama bagi proyek musik Widasroom milik Widi Asmoro. Lewat proyek ini, ia sudah mengantongi 6 solo single selepas non-aktif dari band indie, Everybody Loves Irene.

Music video “apa arti sahabat sejati” sendiri berfokus pada kisah Ucup, Jupe, dan Pelor. Diceritakan ketiganya bersahabat dan akrab bermain bersama sejak kecil. Sampai ketika ada rasa suka di hati Ucup kepada Jupe dan terlihat sekali adanya usaha penjajakan yang dilakukan Ucup. Sayang, konflik terjadi saat Pelor terus “mengganggu” Ucup yang sedang pendekatan ke Jupe.

Karena konflik ini dan juga kesibukan masing-masing, ketiganya berpisah, tidak pernah berkomunikasi dan bertemu kembali di sebuah pasar malam setelah bertahun-tahun. Di akhir cerita terungkaplah resolusi konflik ketiganya yang membuat penonton MV ini akan terenyuh melihat adegan demi adegan yang ditampilkan.

“Ya intinya, sama temen harus komunikasi lah. Jangan nggak enakan atau sungkan,” ucap Widasroom menyimpulkan pesan dari MV garapan Bimo Zulkarnain ini.

Proses pengambilan gambar MV “apa arti sahabat sejati” sendiri hanya dilakukan semalam di salah satu pasar malam di daerah Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Tidak ada kendala berarti saat pembuatan MV. “Hanya kami harus berkali-kali ganti cast pada proses casting. Karena bukan hal yang mudah untuk mendapatkan aktor dan aktris yang pas buat ketiga karakter ini. Akhirnya H-1 baru dapat dan langsung syuting,” jelas sang sutradara, Bimo Zulkarnain.

“Selain itu, membangun karakter Pelor juga cukup menantang. Karena ia punya karakter yang iseng, usil, tapi aslinya baik hati,” lanjut Bimo yang dikenal kerap menggarap iklan TV komersial dan beberapa film-film seperti “Pocong 3”, “XL (Xtra Large)” dan “Otomatis Romantis”.

Untuk lagu “apa arti sahabat sejati” sendiri sudah dirilis sejak Mei 2021. Single berirama lo-fi chill ini diproduseri oleh Fifan Christa “Atlesta” dan membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk kemudian merilis MV dikarenakan kondisi unik Widasroom sebagai musisi.

“Berhubung gue ada di Singapura dan bekerja, jadi proses berkesenian musik gue tidak seperti artis-artis pada umumnya. Menyeimbangkan waktu kerja, bersama keluarga dan waktu bermusik cukup menantang,” ungkap Widasroom yang menerangkan karirnya sebagai living room musician, musisi yang bikin musik dari ruang tamu.

“Dan gue selalu percaya, sesuatu nggak usah diburu-buru. Kalau memang saatnya maka semesta akan memudahkan,” tambah musisi yang kini tengah mengantongi enam single ini.

Hero/Is