Tabloidseleberita.com, Jakarta – Sebagai paguyuban tingkat daerah pertama dan salah satu yang terbaik di Indonesia, Paguyuban Putera-Puteri Maritim Indonesia Sumatera Barat (PPMI Sumbar) akan terus berkomitmen untuk mengirimkan perwakilan tebaik pada ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia yang rutin digelar setiap tahunnya, seperti disampaikan oleh Fedri Ramadhan, salah seorang founder paguyuban PPMI Sumbar sekaligus Dewan Penasehat Paguyuban PPMI Sumbar pada Sabtu (16/12/2023) di Jakarta.

PPMI Sumbar tahun ini berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan pada ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023. Perwakilan Sumbar yang terdiri dari tiga pasang putera dan puteri atas nama Putri Nilam Sari, Annisa Pratiwi Salmi, Annisa Atika Irwan, Bima Satria Wahyudi, Furqon Sahna Ikhrami, dan Fajri Rusdi, berhasil meraih Juara 1 dalam kategori Best Talent.

Selain itu, perwakilan Sumbar atas nama Furqon dan Nilam berhasil meraih gelar Runner-up II Putera Maritim Indonesia dan Runner-up II Puteri Maritim Indonesia tahun 2023. Pada Malam Talent Show, Perwakilan Sumbar memukau dengan penampilan Tari Piring yang dipersiapkan langsung oleh Putera Maritim Indonesia Pariwisata 2016, Fedri Ramadhan yang juga jebolan Sumatera Barat, bersama rekan koreografernya Didi Dandeska dan assiten koreografer Laura Louisee.

Fedri juga mengatakan, untuk mempertahankan prestasi yang telah terukir dari 7 tahun lalu, PPMI Sumbar berharap Pemprov Sumbar kembali mendukung peran dan aktivitasnya. Dukungan tersebut diharapkan agar lebih efektif dan berdampak signifikan untuk seluruh sektor maritim di Ranah Minang.

Sebelum malam puncak Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia yang diadakan di Gedung Graha Jalapuspita pada tanggal 5 Desember 2023, 62 finalis yang berasal dari 19 provinsi di Indonesia menjalani karantina selama 10 hari di Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. Pelatihan dan pembinaan diadakan secara militer, di bawah asuhan TNI Angkatan Laut dengan pemberian materi kemaritiman secara komprehensif yang diharapkan dapat membentuk generasi muda maritim yang sigap dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia.

Malam puncaknya bertepatan dengan Hari Armada RI ke-78, turut dihadiri langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali, Bapak Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, SH sebagai Pelindung Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia, dan Ibu Anna Tedjo Edhi selaku Ketua Yayasan Putera-Puteri Maritim Indonesia, dan Juga tampak beberapa pejabat TNI Angkatan Laut lainnya.

Untuk mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia serta menuju Indonesia Emas 2045, PPMI Sumbar sejak tahun 2016 turut terjun langsung dan berperan aktif di masyarakat sebagai ujung tombak pemerintah. Salah satu program kerja PPMI Sumbar adalah pemberdayaan desa maritim yang berada di Pariaman yang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. PPMI Sumbar juga turut aktif dalam konferensi maritim nasional dan internasional, salah satunya melalui World Blue Carbon Conference dan Young Entrepreneurs Maritime Symposium.

Di ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia, PPMI Sumbar secara konsisten memberikan prestasi yang luar biasa, yaitu Runner-Up I Puteri Maritim Indonesia 2016, Putera Maritim Indonesia Pariwisata 2016, Runner-Up I Putera Maritim Indonesia 2017, Putera-Puteri Maritim Indonesia Best Talent 2017, Runner-Up II Puteri Maritim Indonesia 2018, Putera Maritim Indonesia Lingkungan 2018, Puteri Maritim Indonesia Favorit 2018, Puteri Maritim Indonesia Inovasi Teknologi 2022, serta Penampilan Kostum Terbaik III 2022.

“Putera-Puteri Maritim Sumatera Barat berkomitmen untuk terus menjadi ujung tombak pemerintah Sumbar dalam mewujudkan visi misi Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ungkap R Firdaus Gultom, panitia Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023 yang juga jebolan Sumatera Barat.

Lebih lanjut Shevyno Arras Ketua Paguyuban PPMI Sumbar saat ini, mengatakan, segenap Panitia Pemilihan PPMI Sumbar 2023 dan Keluarga Besar Paguyuban PPMI Sumbar mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas support dan bantuan seluruh pihak terkait dalam perjuangan PPMI Sumbar di Grandfinal Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia 2023, yang membawakan keberhasilan ini, khususnya kepada Pelindo, Mantiko Group Indonesia, Dekranasda Payakumbuh, Rendang Mala dan Usaha Eby, Azzwars Parfum Payakumbuh, Sanggar Satampang Baniah, MGi Academy, dan tentunya para panitia Pemilihan PPMI Sumbar 2023, yang terdiri dari Angkatan 2016 hingga 2022 yang sudah meluangkan waktu dan support Materi berminggu minggu untuk melakukan seleksi di tingkat provinsi.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)