Tabloidseleberita– Film Kutukan Peti Mati persembahan PT. Balai Pustaka hasil berkerjasama dengan Adroit akhirnya tayang di seluruh bioskop Indonesia.

Setelah cukup lama dinanti-nanti, film karya sutradara Irham Acho Bahtiar ini siap  memberikan tontonan yang menghibur sekaligus mengedukasi tentang fakta sejarah yang ada disekitar Pulau Onrust.

Menurut Achmad Fachrodji selaku Direktur Utama PT. Balai Pustaka, film Kutukan Peti
Mati ini diangkat dari novel yang berjudul Sarcophagus Onrust. Novel tersebut
merupakan salah satu dari sekian banyak Intellectual Property (IP) yang dimiliki oleh
Balai Pustaka.

“Film ini diangkat dari buku Intellectual Property (IP) yang ada di Balai Pustaka, dimana Menteri BUMN sangat berharap Balai Pustaka bisa bangkit dan melesat menjadi IP Licensing Company. Ini berarti Balai Pustaka mengangkat cerita, buku-buku legenda cerita rakyat yang ada di Balai Pustaka.
Jumlahnya ribuan, bahkan para sineas
Indonesia sudah berkunjung ke Balai Pustaka ingin bekerja sama dengan Balai
Pustaka,” ujarnya.

Kutukan Peti Mati menjadi film perdana dari PT. Balai Pustaka yang dirilis pada tahun  2023 ini. Film tersebut mengangkat cerita misteri yang pernah terjadi di Pulau Onrust.

Unsur sejarah yang pernah terjadi di Pulau tersebut menjadi salah satu alasan Balai
Pustaka untuk dijadikan sebuah tontonan yang menghibur sekaligus mengedukasi
masyarakat di luar sana.

“Film Kutukan Peti Mati itu berasal dari kisah misteri yang ada di Pulau Onrust dimana para peminat film tentu akan sangat tertarik untuk melihatnya karena begitu  banyak history sejak kedatangan VOC di negeri ini. Film ini sangat menarik kisahnya
L ada sejarahnya, ada misterinya, ada horornya juga dan ini paket lengkap,” ungkapnya.

Yang menjadi menarik dalam film Kutukan Peti Mati ini, tidak hanya mengisahkan
tentang ketertarikan dua mahasiswa arkeolog yang mencoba membuka tabir misteri  di Pulau Onrust. Namun, adanya sosok Dokter wabah yang kisahnya sudah melegenda di dunia. Seperti Dokter wabah di Prancis ada, dan di Belanda, jadi sudah mendunia.

Film Kutukan Peti Mati menghadirkan para pemain muda seperti Yoriko Angeline
(Susan), Aliff Alli Khan (Bram), Cristina Danilla (Maria Van de Velde), Eryck Amaral (Jan nKoenraad) dan pemain senior seperti Donny Damara (Prof. Daniel), Dewi Rezer (Prof. BTarina), Mathias Muchus (Pak Ibrahim Kakek Susan), Eksanti, Egy Fedly (Hasan), Ray  Sahetapy (Dr. Victor). dan Wina Marino (Ibunda Susan).

Bramanto Putra mahasiswa arkeolog menemukan buku catatan kuno di Pulau Onrust yang telah tersimpan 300 tahun. Ia meminta tolong Susan Sriwati teman yang ditaksirnya untuk meriset buku tersebut.

Namun berakibat fatal setelah Susan tak sengaja membaca mantra di buku tersebut. Arwah penasaran Maria van de Velde, Jan Koenraad (kekasih Maria), dan Hasan budak pengukir batu kuburan merasuki Susan.  Bram meminta tolong pamannya Profesor Daniel untuk menyelidiki kasus Susan.

Rupanya ada sosok lain yaitu iblis Dokter Machinebouw, dokter wabah penguasa
kegelapan Pulau Onrust memburu jiwa Susan. Bram dan Profesor Daniel pamannya,  harus melawan kekuatan iblis untuk menyelamatkan Susan.

Reporter : Hero
Editor      : NM