Home FILM Like & Share Film Ini Ya

Like & Share Film Ini Ya

39
0

Tabloidseleberita – Film  LIKE & SHARE tayang di Gala Premiere Jakarta pada Selasa, 29 November 2022 di Epicentrum XXI setelah sebelumnya hadir dalam bentuk pemutaran khusus dan nonton bareng bersama dengan khalayak dan komunitas di kota Bogor, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Terpilih untuk berkompetisi dan masuk dalam kategori Main Competition di Jogja-NETPAC Asian Film Festival ke-17, pemutaran khusus di Yogyakarta berlangsung selama 2 hari dari tanggal 27 hingga 28 November 2022.

Menurut Chand Parwez Servia, kehadiran Gina S. Noer sebagai penulis skenario sekaligus sutradara perempuan, memberi Starvision ruang untuk mengangkat isu-isu tentang perempuan bersama Wahana Kreator.

Sejak menulis dan berperan sebagai sutradara Dua Garis Biru (2019) yang berhasil jadi karya jujur, dan terbukti membuka ruang diskusi hal-hal tabu agar dibicarakan dalam keluarga.

“Kami sepakat untuk membuat karya penting yang dekat tapi sering terabaikan. Kegelisahan saya sebagai seorang ayah dengan 4 anak perempuan yang 3 diantaranya remaja, bisa disuarakan dengan baik oleh Mbak Gina,” jelas Chand Parwez

Ketika LIKE & SHARE premisnya disampaikan, saya langsung suka karena yakin isu yang diusungnya penting dijadikan tontonan asik yang menarik. Draft demi draft kami terus berdiskusi untuk menajamkan “suara” yang hendak disampaikan lewat LIKE & SHARE ini.

Proses produksi yang melibatkan tenaga profesional seperti Psikolog yang melakukan pendampingan kepada pemain selama proses produksi berlangsung, Intimacy Coach untuk dapat menciptakan ruang produksi yang aman bagi semua pihak sampai dengan LBH Apik sebagai lembaga hukum yang membantu kami untuk memahami isu kekerasan yang diangkat dalam film ini dengan lebih baik.

“Sampai akhirnya dapat berkolaborasi dengan gerakan dari rekan-rekan di Kawan Puan dan Kitabisa dengan melakukan campaign #KamiBersamamu untuk membantu korban yang mengalami Kekerasan Seksual terhadap perempuan,” tandasnya lagi.

Sang Sutradara Gina S. Noer menambahkan bahwa ia  tidak pernah membayangkan menjadi perempuan, ibu, dan pekerja film di tengah komplikasi dunia digital saat ini. Transformasi dunia kita kini berhadapan langsung dengan kegagapan masyarakat kita menghadapi kasus kekerasan seksual, sistem hukum, serta penggunaan teknologi/sosial media dengan beradab.

“Karena itulah film LIKE & SHARE ini dibuat. Beberapa dari kami adalah penyintas, keluarga, dan sahabat dari penyintas. Kami juga orang tua, kerabat, dan pendidik yang tak ingin anak, saudara, dan murid kami menjadi korban, pelaku, dan bystander,” tandasnya.

Gina mengimbuhkan lagi, “Kami buat film ini dengan kehati-hatian, jernih, dan penuh kasih. Segala tantangan kami hadapi dengan keyakinan bahwa niat baik akan mengantarkan ke takdir terbaik untuk film ini,” imbuh Gina.

Ia berharap film ini bisa diterima oleh masyarakat luas serta kepada para pembuat kebijakan. Bukan hanya untuk membuka diskusi di ranah privat, tetapi juga untuk mengawal kebijakan publik yang baik dan berpihak pada korban, terlepas apapun gendernya. Sebab persoalan pelik ini selalu membutuhkan kerja baik kita bersama.

Saksikan LIKE & SHARE mulai 8 Desember 2022 di Bioskop-Bioskop se-tanah air.

Hero

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here