Tabloidseleberita – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali  mempersembahkan Jakarta Film Week, festival film internasional di Jakarta. Jakarta  pada 25-29 Oktober 2023 dan mengangkat tema  “Evolve”.

Sebagai salah satu festival film internasional yang diadakan di ibukota Jakarta, Jakarta Film Week berusaha memberikan ruang bagi sineas lokal dan internasional ruang untuk bertumbuh  bersama, layaknya festival film yang masuk ke tahun ketiga ini. Lewat jalur distribusi festival film, diharapkan Jakarta Film Week menjadi salah satu langkah dari para sineas muda untuk memperkuat industri perfilman nasional dan juga masuk ke dalam sirkuit internasional.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jakarta Film Week fokus pada pemutaran film baik dari  Indonesia dan juga beragam film dari seluruh dunia. Saat ini open submission untuk film yang  dengan berbagai format yang akan dikompetisikan sudah dibuka sampai 31 Juli 2023.

Selain itu,  program signature dari Jakarta Film Week, Jakarta Film Fund juga sudah siap menerima proposal dari para sineas muda. Program Jakarta Film Fund memfasilitasi produksi film pendek dari proposal terpilih dan akan ditayangkan perdana di Jakarta Film Week 2023. Selain akan diproduksi dengan dana sebesar 50 juta rupiah per film, peserta terpilih Jakarta Film Fund juga  akan mendapat mentorship dari praktisi film Indonesia yang andal di bidangnya seperti produser,
penulis skenario, sutradara dan juga editor. Jakarta Film Fund menerima proposal sampai 18 Juni 2023.

Jakarta Film Week juga berkomitmen untuk terus mengadakan pengembangan kapasitas bagi filmmaker muda Indonesia, termasuk mendorong terus bakat baru di industri dalam penguatan  baik secara lokal dan internasional. Salah satu program terbaru dari Jakarta Film Week, adalah  kerjasama dengan Bucheon International Fantastic Film Festival, Korea Selatan (BIFAN) lewat  program Goedam Campus.

Program ini merupakan dukungan terhadap proyek bertema fantasi dari BIFAN dan kali ini Jakarta Film Week sudah menandatangani kerjasama di Cannes Film Festival, Mei lalu. Jakarta Film Week akan mengirimkan satu proyek terpilih untuk menghadiri Goedam Campus yang akan diselenggarakan di BIFAN, Juni mendatang.

“Kerjasama antar festival ini juga merupakan upaya penguatan, membuka kesempatan bagi talenta baru sineas Indonesia dan juga dukungan festival internasional lainnya yang ada di regional kepada pengembangan kapasitas yang dilakukan oleh Jakarta Film Week. Diharapkan setiap tahunnya akan ada kerjasama-kerjasama lain dengan entitas film lain baik secara regional
atau internasional”, ungkap Rina Damayanti, Direktur Festival Jakarta Film Week.

Di bulan Juni mendatang, Jakarta Film Week juga akan membuka pendaftaran untuk peserta  Producers Lab yang juga bekerja sama dengan Platform BUSAN serta didukung oleh Direktorat
Jenderal Perfilman, Musik dan Media Kemendikbud Ristek Republik Indonesia. Setelah sukses  diadakan secara perdana tahun 2022 lalu, diharapkan tahun ini Producers Lab Jakarta Film Week
bisa kembali membidani lahirnya produser muda kreatif Indonesia yang siap menelurkan karya  baru serta didukung oleh industri baik regional maupun internasional.

Detail persyaratan pendaftaran film dan proposal bisa diakses di www.jakartafilmweek.com.

Semua program dan informasi terkait Jakarta Film Week diperbaharui secara berkala dan dapat diakses di www.jakartafilmweek.com dan di Instagram @jakartafilmweek.

Reporter : Hero
Editor      : Ncank Maeel