Tabloidseleberita – Film Kutukan Cakar Monyet diadaptasi dari kisah pesugihan populer. Bagi masyarakat Indonesia, pesugihan adalah serangkaian mitos atau ritual yang dipercaya bisa digunakan untuk memperoleh kekayaan secara instan melalui jalan pintas. Biasanya dengan bantuan makhluk gaib.

Saat melakukan ritual pesugihan, pelaku pesugihan biasanya membuat perjanjian dengan makhluk gaib. Dalam melakukan perjanjian, tumbal atau mahar
tertentu harus dipersembahkan kepada makhluk gaib sebagai pengganti atau barter untuk kekayaan yang diperoleh. Korban tumbal pesugihan ditentukan berdasarkan permintaan sang makhluk gaib dan pelaku pesugihan harus bisa memenuhinya.

Pesugihan ternyata dikenal juga di luar negeri. Seorang penulis asal Inggris, William Wymark Jacobs, menulis cerita mencekam soal pesugihan. Judulnya The Monkey’s Paw atau kutukan Cakar Monyet.
Cerita ini cukup mencekam karena mengisahkan tentang keluarga yang terpengaruh oleh kekuatan magis dari cakar monyet yang dapat mengabulkan tiga permintaan mereka.

Kisah ini juga sempat dibuat menjadi salah satu cerita serial Alfred Hitchcock, Film Pendek dan Film Layar Lebar di luar Negeri dan menjadi cerita yang sering ditampilkan dalampertunjukan teater, juga drama radio dan terakhir muncul dalam video game Phasmophobia.

Dan sekarang cerita ini juga diadaptasi dalam film Kutukan Cakar Monyet yang akan tayang serentak pada
6 April 2023 mendatang di sejumlah bioskop di Indonesia. Sama dengan cerita aslinya, Film
Kutukan Cakar Monyet akan menjadi film horor yang berbeda untuk menawarkan sebuah cerita drama keluarga yang menarik dan memiliki nilai kehidupan.
Kutukan Cakar Monyet disutradarai dan juga ditulis oleh Ferry Lesmana.

Film Kutukan Cakar Monyet dibintangi oleh Oka Antara dan Aurelie Moeremans. Film berseting di tahun 2014 ini menceritakan pasangan suami istri Roy (Oka Antara) dan Amara (Aurelie Moeremans). Pasangan bahagia yang sedang menantikan kelahiran anak pertama
mereka. Roy juga baru saja membeli sebuah rumah idaman untuk dihadiahi kepada istri.

Namun, ada sebuah kejadian tragis yang terjadi kepada mereka setelah pemilik rumah lama menanyakan benda keramat milik mendiang suaminya. Perlahan-lahan misteri yang menyelimuti kejadian aneh di rumah tersebut mulai terkuak.

Benda Keramat itupun hadir di kehidupan Roy dan Amara. Benda tersebut menjadi petakadalam rumah tangga mereka. Apakah benda tersebut bisa mengabulkan keinginan mereka berdua ataukah hanya akan membawa petaka di kehidupan pasangan suami istri itu?

Cakar monyet yang merupakan benda kepunyaan Iblis ini akan menjadi sebuah praktik pesugihan. Cakar monyet ini dapat mengabulkan permintaan masing-masing orang dengan kesempatan 3 kali permintaan.

Namun, setiap permintaan yang dikabulkan punya
konsekuensi besar termasuk mengambil nyawa keluarga, teman atau kerabat dari si peminta. Di cerita itu cakar monyet melambangkan keserakahan manusia yang menginginkan sesuatu dengan jalan pintas yang melakukan pesugihan.

Reporter : Hero

Editor : Ncank Maeel