Tabloidseleberita.com, Surabaya – Messa Eko hanya ingin ibunya tahu bahwa ia bisa berkarya. Untuk papa serta keluarga besar, Messa Eko ingin selalu bersama-sama, baik dalam suka maupun duka, dan bisa memiliki karya-karya terbaik, seperti disampaikan oleh Messa Eko saat diwawancarai pada Sabtu (6/1/2024).

Penyanyi cilik Messa Eko popular lewat lagu Buktikanlah Siapa Kita yang dirilis pada 15 November 2023 melalui program Superkids – Gen of Stars yang digelar oleh label musik Senada Digital. Lagu tersebut sangat sesuai dengan kenyataan hidup yang dialaminya. Di usia 3 tahun, Messa Eko ditinggal pergi oleh ibunya. Sejak orang tuanya berpisah, Messa Eko tinggal bersama papa, nenek, kakek, dan keluarga besar papanya. 

Seperti dikatakan oleh Messa Eko, berbekal semangat belajar, berusaha, dan dukungan dari papa beserta keluarga besarnya, Messa Eko ingin membuktikan bahwa ia sangat bersyukur masih banyak yang sayang dan perhatian padanya. Messa Eko yakin pasti pada Allah SWT untuk dimudahkan dan dilancarkan keinginannya.

Messa Eko lahir pada 3 Oktober 2014 di Kota Surabaya. Saat ini Messa Eko bersekolah di SDN Airlangga I Surabaya, Kelas 3A. Pada usia dininya, beragam prestasi telah diraih Messa Eko, yaitu; .Juara II Edufun Fest yang diselenggarakan oleh Jawa Pos di Surabaya (25 September 2022), Best Performance pada acara Marhaban In Love di Gresik (16 – 18 Maret 2023), dan Juara Favorit Fashion Show di Surabaya Great Expo (16 – 20 Agustus 2023).

Awal Messa Eko menekuni karir di industri musik karena iseng berkaraokean di rumah. Lama-lama Messa Eko jadi suka, dan malah ketagihan. Kemudian Messa belajar sendiri berolah vokal dari YouTube, dan terus menerus diasah dengan mengikuti kursus vokal bersama beberapa guru vokal serta mengikuti kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah untuk bernyanyi. Jika ada kompetisi dan audisi, Messa Eko juga mengikutinya.

Lebih lanjut, Messa Eko mengatakan selain bernyanyi ia juga bermain alat musik keyboard. Dengan semangat yang tinggi, Messa Eko belajar secara intensif di rumah dan mengasahnya dengan mengikuti kompetisi dan audisi bernyanyi serta mengisi acara secara off air di sekolah maupun di luar sekolah.

“Dengan mengikuti audisi di Senada Digital, alhamdulillah, Messa mendapatkan kesempatan rekaman pertama, satu hari sebelum Messa ulang tahun, yaitu pada tanggal 2 Oktober 2023 yang kemudian dirilis tanggl 15 November 2023,” kata Messa Eko.

Messa Eko juga menekuni dunia fashion dengan menjadi model. Berbekal keberanian dan percaya diri juga support dari keluarga, Messa Eko mencoba berjalan di atas catwalk.

Papa Messa Eko bernama Eko Yulianto, seorang pemain gitar di Surabaya. Messa Eko sangat mendapatkan dukungan dari papanya. Papanya mengajarkannya dan berbagi tentang bernyanyi dan bermain alat musik. Kadang Messa Eko diajak duet sama papanya di acara-acara tertentu.

“Daddy ahli dalam bermain gitar dan vokal, sehingga banyak hal yang dapat Messa pelajari selain belajar secara otodidak. Daddy selalu support selama yang dilakukan Messa adalah hal yang membanggakan dan positif,” kata Messa Eko.

Selain dari papanya, Messa Eko juga mendapat dukungan dari nenek dan kakeknya, Uti Sukarti dan Akong Yatiman. Mereka mendukung Messa Eko dengan memberi nasihat yang membuat Messa Eko bersemangat dan bangkit untuk menjadi yang terbaik. Mereka sangat bangga dengan prestasi Messa Eko, baik akademis maupun non akademis. Messa Eko yang telah memiliki lagu sendiri membuat mereka sangat bersyukur atas kemampuan yang diberikan oleh Allah SWT.

Rulli Aryanto, pemilik label musik Hebat Records dan Senada Digital mengatakan akan merekrut Messa Eko untuk menjadi salah seorang artis penyanyi Hebat Records. Menurut Rulli Aryanto, Messa Eko adalah salah seorang dari ratusan anak dari beberapa kota di Indonesia yang terpilih untuk diproduksi dan diberikan lagu melalui program Superkids – Gen of Stars. Warna suara yang khas dan good looking menjadi  alasan paling kuat bagi Hebat Records dan Senada Digital untuk merekrut Messa Eko.

“Warna suara yang kuat dan berkarakter jadi modal untuk anak seusia Messa Eko. Messa Eko anak yang menyenangkan. Waktu bertemu saat take vocal di lagu pertamanya di Surabaya, saya juga bisa lihat aura star di dalam diri Messa Eko. Dukungan papanya yang seorang musisi dan neneknya serta keluarga besarnya itu akan jadi kekuatan tersendiri dalam diri Messa Eko. Di samping memang dari diri Messa Eko sendiri juga punya kemauan untuk terjun di dunia musik dan entertainment secara profesional,” kata Rulli Aryanto. 

Rulli Aryanto juga mengatakan akan mempersiapkan karya-karya selanjutnya untuk Messa Eko secara konsisten. Saat ini Hebat Records sedang dalam tahap mengonsep bersama untuk Messa Eko terjun ke industri profesional, dengan potensi-potensi besar yang ada di dalam diri Messa Eko.

“Saya berharap Messa Eko bisa jadi manfaat yang positif untuk anak-anak lain di seluruh Indonesia lewat karya bersama Hebat Records dan Senada Digital. Semoga lagu-lagunya bisa menjadi pilihan baru untuk penikmat musik di dunia dari Indonesia. Berbekal konsistensi dan attitude yang baik, berharap Messa Eko bisa memberi warna baru bagi perkembangan musik Indonesia,” kata Rulli Aryanto.

Link Video Messa Eko – Buktikanlah Siapa Kita :

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)