Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia Bukan Organisasi Kaleng-kaleng

by -


tabloidseleberita.com, Bertempat di Cafe, Kemanggisan Jakarta Barat, pada Rabu (26/8) Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI) menggelar syukuran sekaligus menandai hari kelahirannya pada 17 Agustus 2020 bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
Acara tersebut berlangsung dengan sederhana yakni dengan pemotongan tumpeng dan dihadiri oleh segenap pengurus dari YPJI yang diketahui masih aktif berprofesi sebagai Jurnalis.

Dalam sambutannya Agus A Mile selaku Ketua Dewan Pembina dari YPJI mengungkapkan bahwa keberadaan YPJI harus bisa menjadi ‘kendaraan’ yang memberikan banyak manfaat untuk kesejahteraan atas kehidupan jurnalis.
Agus A Mile juga mengatakan pentingnya profesi jurnalis saat ini dalam sebuah iklim demokrasi. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang lebih kepada para jurnalis, apalagi di masa pandemi saat ini.

“Jurnalis itu memiliki peranan yang penting. Dengan adanya yayasan ini, kita bisa saling membantu. Agar fungsi kita bisa lebih baik dalam iklim demokrasi saat ini,” ujar Agus A Mile.

“Allhamdulilah secara legalitas YPJI sudah resmi berbadan hukum. Saya yakin dan percaya YPJI nggak perlu waktu lama untuk bisa menjadi organisasi yang besar. Apalagi kalau kita semua yang didalamnya sebagai pengurus bisa menjaga kekompakan. Karena kedepannya YPJI pasti akan banyak ‘PR’ yang harus diselesaikan mengingat pandemi covid 19 ini juga banyak berimbas sama kehidupan teman-teman jurnalis,” sambung Agus.

Sementara itu ketua umum YPJI, Andi Arif mengatakan bahwa semangat dan keberadaan YPJI sesungguhnya bermula dari kegiatan sebelumnya yakni gerakan peduli jurnalis. Dimana gerakan tersebut sudah mendonasikan ratusan sembako hingga tujuh tahap kepada ratusan jurnalis ditambah dengan donasi ke beberapa teman jurnalis yang terbaring sakit.

“sebenernya cikal bakal YPJI ini lahir dari semangat gerakan peduli jurnalis kemarin. dari situ saya menganggap perlu adanya payung hukum (legalitas) untuk bisa menopang pergerakan organisasi dan bisa menyerap bantuan ataupun menjalin kerjasama yang lebih besar lagi, baik itu ke pemerintah ataupun swasta,” jelas Andi.

Dalam beberapa hari ke depan, Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia sudah bersiap dengan program-program kerjanya yang telah tersusun.

Andi Arief juga berharap dengan langkah yang dilakukan oleh YPJI ini bisa mendapatkan dukungan dari semua pihak yang memiliki kepedulian dengan sesama.

“Doakan kami bisa eksis untuk membantu sesama. Teman-teman jurnalis yang terpuruk dalam kondisi saat ini,” pungkas Andi Arief.

Seperti diketahui Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia diinisiasi oleh para jurnalis hiburan Jakarta yang merasa pentingnya kepedulian terhadap rekan seprofesi.

“Yayasan ini adalah bentuk dukungan kami kepada rekan-rekan jurnalis satu profesi dengan kami. Semoga dengan adanya yayasan ini bisa meringankan teman-teman jurnalis di Indonesia,” ujar Andi Arief.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *