Tour Pajero Indonesia ONE ke Pulau Pahawang Lampung Selesai Digelar

by -

Tabloidseleberita, – Pajero Indonesia ONE (PI-ONE) Koordinaor Wilayah 3 Chapter Batavia Jakarta yang baru dikukuhkan di ajang Rakornas PI-ONE di Bekasi, Jawa Barat akhir 2019 lalu, mengadakan acara touring ke pulau Pahawang, Lampung, Sabtu-Minggu (22-23/2/2020).

Jakarta – Touring ke Pulau Pahawang, Lampung yang diinisiasi oleh Chapter Batavia Jakarta ini diikuti oleh seluruh Chapter yang tergabung dalam Pajero Indonesia ONE (PI-ONE).

Touring dimulai pada Sabtu (22/2/2020) dari Jakarta diikuti 35 KR dengan titik kumpul di rest area kunciran, Tol Merak. Pukul 11.00 WIB, rombongan menuju ke Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Bakauheni Lampung.

Tiba di Lampung sekitar pukul 5 subuh, rombongan touring langsung menuju basecamp Chapter Krakatau Lampung di kota Bandar Lampung dan langsung diterima oleh sang ketua, Sugiri Yanto di Yayasan Baitul Jannah.

Setelah istirahat sejenak di basecamp Chapter Krakatau Lampung, seluruh peserta touring mulai konvoi menuju ke pulau Pahawang. Namun setiba di Lampung, peserta touring yang semula berjumlah 35 KR, jadi bertambah sekitar 58 KR. Dengan pengawalan Patwal PM, rombongan kemudian mulai mengaspal menuju ke pulau Pahawang.

Untuk bisa mencapai pulau Pahawang, rombongan touring harus menyeberang terlebih dahulu dari sebuah dermaga dengan menggunakan 4 perahu motor. Perahu motor tersebut memang khusus untuk penumpang saja, sehingga seluruh kendaraan peserta touring harus dititipkan di dermaga tersebut.

Setelah menyebrang kurang lebih sejam, rombongan tak langsung ke pulau Pahawang terlebih dahulu. Mereka melakukan serangkaian kegiatan di laut seperti snorkling, bermain banana boats serta permainan lainnya bersama keluarga dan anak-anak tercinta.

Setelah tuntas melakukan serangkaian aktivitas di laut, rombongan kemudian tiba di pulau Pahawang. Di sini para peserta touring disuguhkan makan siang dan minuman kelapa muda.

Usai istirahat sejenak di pulau Pahawang, seluruh peserta touring kemudian menuju ke lokasi wisata Pasir Timbul untuk melakukan spot foto bersama keluarga dan anggota PI-ONE lainnya.

Tuntas melakukan aktivitas di pulau Pahawang, rombongan kembali ke dermaga untuk kembali ke kota Lampung. Di hotel tempat menginap, seluruh peserta touring mengisi kekompakan dengan bernyanyi karaoke bersama. Acara yang dikoordinasikan oleh istri-istri anggota PI-ONE ini berlangsung sangat meriah dan penuh kegembiraan.

Menariknya di acara ini putri dari pasangan Kepala Bidang Kegiatan Chapter Batavia, Azmi Fitria dan istri Astri Rezi Yunita yang bernama Deandra Iretta Zahra berulangtahun. Maka seluruh peseta touring pun memberikan surprise kepada Deandra Iretta Zahra yang baru genap berusia 7 tahun.

Acara semakin malam nampak semakin meriah karena seluruh peserta touring disuguhkan dengan sejumlah permainan games. Acara tuntas digelar sekitar jam 12 malam.

Seluruh peserta touring ke pulau Pahawang, Lampung kemudian bergerak menuju Yayasan Baitu Jannah atas undangan ketua Chapter Krakatau Lampung, Sugiri Yanto, Minggu (23/2/2020) pagi.

Di sana seluruh peserta dijamu dengan santapan buah durian. Disela menyantap buah khas Lampumg ini, seluruh peserta nampak akrab bebincang dan berkelakar satu sama lain.

Selesai dijamu buah durian oleh ketua Chapter Krakatau Lampung, Sugiri Yanto, seluruh peserta touring bergegas menuju pelabuhan ferry Bakauheni untuk kembali ke Jakarta.

Di dalam KMP Batu Mandi, para peserta dan keluarga khususnya anak-anak mendapat kesempatan untuk melihat-lihat ruang kerja nahkoda sekaligus berfoto-foto dan mengenalkan edukasi tentang kapal.

Rombongan lalu tiba di pelabuhan Merak sekitar jam setengah lima sore untuk melanjutkan ke sebuah rumah makan Padang di sekitaran Merak sekaligus penutupan kegiatan.

Selaku penyelenggara touring ke pulau Pahawang Lampung, Kepala Bidang Kegiatan Chapter Batavia Jakarta, Azmi Fitra menjelaskan bahwa ini merupakan kegiatan pertama Chapter Batavia Jakarta pasca bergabung ke dalam PI-ONE.

“Ini sebagai touring perdana Chapter Batavia sebagai chapter baru. Kita ingin menunjukan kalau kita itu bisa mengajak teman-teman kita dari semua chapter untuk touring bersama. Ya sebagai ajang silaturahmilah.” ujar Azmi Fitra.

Hal senada disampaikan Ketua Chapter Batavia Jakarta, Iskandar Syah bahwa touring ini merupakan touring perdana Chapter Batavia Jakarta yang telah dikukuhkan Desember 2019.

“Ke depan kita dari masing-masing chapter punya program. Kami dari Batavia Chapter setiap dua bulan sekali punya program menginap seperti ini. Nanti juga mengikuti agenda-agenda nasional. Kemudian ada kopdar-kopdar wajib biasanya dua minggu sekali. Kami sebetulnya sudah bekerjasama dengan instansi terkait. Kemarin kita adakan donor darah, santunan anak yatim. Jadi kita tidak selalu buang-buang uang atau senang-senang. Kadang saat kita touring kita selalu sisipkan untuk bakti sosial.” imbuh Iskandar Syah.

Setelah touring ke pulau Pahawang, Chapter Batavia Jakarta berencana akan mengadakan touring ke Pangandaran, Jawa Barat.

“Mungkin dalam waktu depat antara April atau Setelah lebaran kita ke Pangandaran. Rencananya nanti kita cari anak yang kurang mampu atau sekolah yang membutuhkan buku tulis nanti kita salurkan. dana kita dari anggota kita seperti iuran tiap bulan RP 50 ribu. kita juga ada internal donasi dari teman-teman anggota.” lanjut Iskandar Syah.

Sementara itu selaku penyambut seluruh peserta touring ke pulau Pahawang yakni Chapter Krakatau Lampung yang dipimpin oleh Sugiri Yanto mengucapkan rasa terimakasih atas agenda kali ini. Sugiri menjelaskan juga bahwa mash banyak potensi wisata di Lampung selain pulau Pahawang.

“Terimakasih om dan tante, chapte-chapter yang di luar lampung yang sudah berkunjung ke Lampung. Ini masih pantai, belum kita melihat gajah. Untuk viewnya nggak harus disini, di tempat lain juga ada. Ke arah Bukit Barisan, kita dijamin nggak ngantuk karena jalannya berkelok terus sampai 160 km, hutan semuanya. Ada lagi untuk yang hobby mancing dari Pahawang kita terus ke arah Samudera Indonesia. Itu ikan besar semua paling kecil 25 kilo. Ada juga Liwa, ombaknya tinggi dan banyak bule selancar. Sekarang ombaknya 7 meter. Di Liwa ada perkebunan kopi khas pakai gula aren dicampur durian.” terang Sugiri Yanto.

Sugiri Yanto menambahkan bahwa di Chapter Krakatau yang dipimpinnya, juga kerap melakukan touring.

“Kemanapun kita touring khusus Chapter Krakatau pasti ada baksos seperti ke Padang akhir tahun, kita ada baksos, ke Yogyakarta juga ada baksos. Di mobil pasti ada beras 5 kilo, Al Qur’an, Indomie.” pungkas Sugiri.

Sementara terkait touring ke pulau Pahawang yang diinisiasi Chapter Batavia Jakarta, Sekjen PI-ONE, Satria Ferry menjelaskan bahwa berdasarkan hasil Rakernas di Bekasi, PI-ONE memang mengutamakan per wilayah. Jadi Batavia termasuk Korwil 3 bersama Chapter Douglas, Tangray, Patriot, Bogor Raya dan Tirtayasa.

“Kenapa memilih pulau Pahawang? karena banyak Chapter lain saat kopdarnas ingin merasakan indahnya pulau yang ada di Lampung ini.” jelas Satria Ferry.

Sementara itu Ketua Umum PI-ONE Rhwayu menandaskan jika kegiatan ini tak lain untuk ikut mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Indonesia.

“Kegiatan ini bagian dari mempromosikan potensi pariwisata yang ada di indonesia. Kali ini objek wisata Pahawang yang ada di Lampung. Kegiatan ini diinisiasi oleh koordinator wilayah 3 Chapter Batavia. Kita ada kegiatan utama tiap tahun yang rutin yaitu Jambore Nasional. Selain kegiatan utama, masing-masing chapter ada kegiatan seperti ini. Kita ikut bagian dari promosi daerah seperti tahun lalu kita tour the Sulses kita di support Pemprov Sulsel. Tahun ini akhir Juni atau bulan Juli kita akan menggelar tour the Borneo.” tutup Rwahyu. (Alamsyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *