Sinergi OJK dan BI di Gelaran “FinExpo & Sundown 2019” Suarakan Aksi Indonesia Menabung Untuk Generasi Milenial

by -

tabloidseleberita.com, Bertempat di grand atrium mall Kota Kasablanka “FinExpo & Sundown 2019” digelar selama empat hari 4 (empat) hari, dari tanggal 17–20 Oktober 2019 bertajuk “Sinergi Aksi dalam Mewujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua dan Perlindungan Konsumen yang Optimal” berikut dengan tagline ‘Gapai Puncak Inklusi, Perlindungan Makin Pasti’dengan melibatkan seluruh sektor industri jasa keuangan, baik Perbankan, Pasar Modal, Asuransi, Dana Pensiun, Pegadaian, Lembaga Pembiayaan dan Fintech.

Menurut Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida ada sekitar 90 lembaga jasa keuangan yang turut berpartisipasi sekaligus juga memberikan edukasi terhadap masyarakat atas pentingnya menabung di perbankan.

“OJK dan BI sudah bersinergi untuk gerakan Indonesia Menabung guna meningkatkan awareness tentang pentingnya menabung. Menabung dalam pengertian bukan hanya menabung di Bank tetapi bisa juga menabung dalam bentuk investasi seperti saham, reksadana, asuransi dan lainnya,” katanya ditemui usai acara “FinExpo & Sundown 2019” di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (19/10).

Secara keseluruhan, Nurhaida berharap sinergi aksi yang melibatkan OJK, Bank Indonesia (BI), Lembaga Penjamin Simpanan dan lembaga jasa keuangan lainnya ini, dapat meningkatkan jumlah rekening pada masyarakat serta produk dan layanan jasa keuangan yang dapat menggerakkan roda perekonomian. Sinergi aksi ini dicanangkan di sela-sela kegiatan “Finexpo dan Sundown Run 2019” yang diselenggarakan oleh Industri jasa keuangan bersama Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan sebagai puncak kegiatan bulan inklusi keuangan.

Sementara itu Ketua Finexpo dan Sundown Run 2019, Wani Sabu menyebutkan bahwa peningkatan tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan, dapat menjadi salah satu upaya untuk memperkuat perlindungan konsumen industri keuangan. Wani menambahkan bahwa Finexpo perlu menggaungkan perlindungan konsumen kepada masyarakat untuk membuat konsumen tidak membeli produk jasa keuangan tanpa memahami terlebih dahulu produk tersebut dan menyesal di kemudian hari.

“Kami sengaja berfokus pada pentingnya perlindungan konsumen sebagai salah satu wujud nyata langkah OJK dan Bank Indonesia dalam menggandeng usaha jasa keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memantapkan kepercayaan konsumen terhadap produk layanan jasa keuangan,” sebut Wani.

Wani Sabu, juga menambahkan bahwa ajang ini ternyata juga mampu menjaring generasi milenial yang diaharapkan mengerti dan memahami euphoria (maraknya) keberadaan fintech belakangan ini.

Dipaparkannya, kegiatan yang digelar tahun ini menghadirkan beberapa kegiatan yang menarik bagi anak muda seperti pameran produk dan jasa keuangan (booth exhibition), talkshow perencanaan keuangan, berbagai perlombaan seperti Journalist Writing Competition, Fin Idol Cilik, dan Vlog Competition yang bisa di ikuti oleh semua lapisan masyarakat.

Pemenang Fin Idol Cilik dimenangkan oleh Sheera katya Ariana R (Juara I/BRI), Sakti Putra Sukistiyono (Juara II/AXA Mandiri), Keyza Adzura Putri Setiawan (Juara III/Bank BJB)

“Generasi milenial tak lepas dari teknologi. Jika kita tidak melakukan pengelolaan keuangan dengan terencana, pasti akan menggerus uang tabungan kita. Di penyelenggaraan tahun ini kita coba libatkan generasi muda untuk mengigatkan dan juga memeberikan wawasan agar mereka mengerti tentang produk jasa keuangan dan juga manfaatnya. Juga menganjurkan mereka untuk menginvestasikan dana kita di berbagai varian produk keuangan yang ada saat ini,” terangnya.

Grup band Kahitna menjadi penutup di perhelatan FinExpo & Sundown Run 2019 yang digelar. Selain Kahitna, musisi Ardhito Pramono, dan DJ Discopantera juga turut meramaikan acara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *