Konser #dirumahaja Berhasil Galang Dana 9 Miliar Rupiah

by -

Tabloidseleberita, – Konser Musik #dirumahaja yang digelar sejak Rabu (25/3) hingga Sabtu (29/3) berhasil menggalang dana hingga lebih dari 9 miliar rupiah pada akhir acara konser. Penampilan pamungkas dari Didi Kempot ‘The Lord of Loro Ati’ ketika menghibur Sobat Ambyar semalam menjadi momentum donasi yang terkumpul menembus angka 9 miliar rupiah. Bahkan di lagu terakhirnya yang berjudul Kalung Emas, Najwa Shihab juga turut berjoget bersama segenap sobat ambyar yang menonton di rumah.

Tulus membuka Konser Musik #dirumahaja pada hari Sabtu (28/3) dengan menyanyikan lagu Pamit. Ia menuturkan ada yang berbeda dari konser biasanya karena tidak digelar di atas panggung. “Konser musik ini adalah bagian dari gerakan melawan virus Corona. Biasanya kalau nyanyi saya di panggung bareng-bareng. Hari ini nyanyi dan main musiknya di rumah masing-masing, tapi tetap bisa manggung.”

Najwa Shihab, Co-Founder Narasi berharap donasi yang terkumpul bisa memberi manfaat dan dapat berlipat ganda. “Ada 5 program (#BisaMakan, #BisaSteril, #Sembako14Hari, #RantangHati dan #Belajardirumah) yang mau kita lakukan, mudah-mudahan semuanya bermanfaat. Donasi yang masuk ini, 9 miliar rupiah ini, mudah-mudahan bisa berlipat ganda. Mari terus berdonasi kawan-kawan, banyak sekali yang perlu kita kerjakan barengan.”

“Ini adalah rangkaian Konser Musik #dirumahaja mulai tanggal 25-28 Maret 2020, suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan Corona. Sejumlah musisi live perform dari rumah masing-masing secara bergantian, sembari mengajak penonton untuk ikut berdonasi lewat https://kitabisa.com/konserdirumahaja. Waktunya saling menguatkan sambil saling menghibur. Karena hari-hari ini, soliter adalah solidaritas,” tutur Najwa.

Iwan Fals yang turut tampil di Konser Musik #dirumahaja mengajak kita semua untuk tetap memupuk kekuatan dari rumah. “Di suasana mencekam ini, saya tetap dapatkan keindahan. Mudah-mudahan kondisi ini segera berlalu dan bisa aktivitas lagi secara normal. Tetap di rumah aja, keluar kalau benar-benar kepepet. Banyak pekerjaan di rumah yang bisa dilakukan. Kumpul sama keluarga yang selama ini nggak sempat dilihat. Ini saatnya kita pupuk lagi kekuatan dari rumah.”

Afgansyah Reza yang tampil di sesi awal menuturkan Ia bangga karena masyarakat bisa saling membantu.  “Hai, ketemu lagi. Terima kasih sudah berdonasi juga. Bangga sekali dengan kalian yang bisa saling bantu satu sama lain. Saya harap dengan adanya Konser Musik #dirumahaja ini bisa jadi awareness kalian semua akan wabah virus Corona dan bagaimana kita bisa membantu mereka semua yang sedang kesulitan, terutama tenaga kerja medis.”

Sederet nama yang turut menjadi bagian dari Konser Musik #dirumahaja antara lain: Andmesh, Anji, Armand Maulana, Fourtwnty, Hivi, Judika, Ridho Hafiedz & Kaka, Eva Celia, Tulus, Rossa, Afgan, Vidi Aldiano, Gamaliel, Hindia, Ariel Noah, Yura Yunita, Kunto Aji, Barasuara, Raisa, Ardhito Pramono, Rendy Pandugo, Petra Sihombing, Ari Lasso, Iwan Fals, Trio Lestari dan Didi Kempot. Bukan cuma musisi, komika Pandji Pragiwaksono dan Bintang Emon juga turut  menghibur para penonton. Serta tak ketinggalan, Nadiem Makarim, Erick Thohir, dan Jusuf Kalla yang juga turut berpartisipasi.

Konser Musik #dirumahaja ini berlangsung dari tanggal 25-28 Maret 2020 dan bisa ditonton melalui laman www.narasi.tv, YouTube channel Narasi, YouTube channel Najwa Shihab dan Instagram Live akun @narasi.tv. Seluruh biaya produksi konser dan seluruh musisi yang terlibat sepenuhnya berkontribusi secara pro bono, sehingga 100 persen donasi yang terhimpun dari konser ini dapat disalurkan pada kelompok yang paling rentan, terutama tenaga medis dan masyarakat kecil yang terpaksa harus terus bekerja di luar rumah. Donasi akan didistribusikan kepada program-program yang sudah dijalankan oleh sejumlah lembaga dan dikurasi bersama Kitabisa.com.

Meski acara digelar empat hari, donasi mengalami peningkatan yang signifikan pada hari Sabtu (28/3). Saat Tulus membuka konser, donasi sudah terkumpul 4,3 miliar rupiah. Dan hingga penampilan akhir dari Didi Kempot, total donasi yang terkumpul menjadi 9 miliar rupiah; meningkat lebih dari 100 persen dalam satu hari. Penggalangan dana di Kitabisa.com/konserdirumahaja sendiri akan dibuka hingga 14 April 2020. Total dana yang terkumpul hingga Minggu (29/3) pukul 13.00 telah mencapai 10 miliar rupiah lebih dari total 79.879 donatur. 

Social movement #dirumahaja secara khusus digagas oleh Narasi sejak Jumat (13/3). Melalui social movement ini, Narasi berharap setiap orang bisa memiliki kesadaran diri, turut memperlambat penyebaran virus, menerapkan social distancing, dan bekerja dari rumah sehingga bisa menekan peningkatan infeksi baru dan membuat kurva penyebaran virus Corona bisa kian melandai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *