Refleksi Humanisme Andrea Turk di Debut Konsernya

by -

tabloidseleberita.com, Nama musisi muda nan jenius Andrea Putri Turk belakangan ini menjadi seolah menjadi ‘buah bibir’ dikalangan penikmat musik kaum milenial dan baby boomer. Apalagi paska sukses meraih juara pertama di ajang Young Songwriter Competition 2019 kategori Internasional di London, Inggris dengan membawakan lagu ciptaannya bertajuk “Who We Are”

Berangkat dari situ kehadiran Andrea bak magnet yang siap menyedot perhatian lantaran usianya yang masih muda tetapi sudah menorehkan prestasi bertaraf international.

Malahan belum lama ini Andrea kembali menjadi perbincangan setelah membawakan lagu “Tanah Airku” pada HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, pada 17 Agustus 2019 lalu.

Perempuan yang juga merupakan cicit buyut WR Soepratman ini, mendapat apresiasi setelah berhasil menyuguhkan vokalnya yang mumpuni.

Sayangnya, baru saja mendapat sambutan hangat masyarakat Indonesia, Andrea Turk pada Jumat (30/8/2019) malam, justru menggelar show case perpisahan. Perpisahan ini terpaksa dilakukan Andrea karena ia akan melanjutkan pendidikannya.

Seperti diketahui Andrea Turk akan berangkat ke California, Amerika Serikat bulan September nanti. Rencananya, penyanyi yang juga ingin serius di bidang produser dan songwriting ini bakal fokus belajar selama empat tahun dan konsentrasi di bidang musik gamelan di CalArts (California Institute of the Arts), di Santa Clarita, California.

Debut konsernya yang bertajuk Intimate Concert: Andrea Turk and Gigantics sebagai penanda berpamitan dirinya sebelum berkuliah di California Institute of the Arts (CalArts) di Santa Clarita, California.

Konser yang dihelat di Soehanna Hall, SCBD, Jakarta itu bukan hanya menjadi sekadar panggung buat Andrea. Terselip pesan dan bukti kasih sayang serta kepeduliannya kepada puluhan anak-anak penderita kanker yang sengaja diundang untuk dihibur dari Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Bukan cuma itu semua keuntungan yang didapatkan juga rencananya akan disumbangkan untuk anak-anak penderita kanker di YKAKI.

“Semua karya sendiri tapi ada satu lagu Indonesia yang Andrea bawakan, untuk anak YKAKI yang penulisnya Melia Emmy, pendiri Help Indonesia yang sempat kolaborasi bareng aplikasinya sebagai brand ambassador. Sempat bantu Help dengan charity concert beri makanan kepada yang membutuhkan. Judulnya (yang akan dibawakan) Tiada Perbedaan,” sebut sulung dari dua bersaudara dari pasangan dr Dario Turk dan Endang Turk ini di Soehanna Hall, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat 30 Agustus 2019, malam.

Konser amal ini juga bisa terwujud atas bantuan dari Indra Aziz selaku vocal coach, Zelia sebagai guru piano Andrea, Emilio Wattimena sebagai show director, dan Satrio Wibowo sebagai music director. Dalam konsernya Andrea berkolaborasi dengan Iga Massardi, Eka Gustiwana, Prince Husein, Jayko, Mr. Headbox, dan Bagus Bhaskara.

“Insya Allah sudah 90 persen selesai, 10 persennya saat konser. Kurang lebih dua bulan (persiapan), benar-benar ‘sks (sistem kebut semalam)’ banget. Kebetulan Andrea teman-temannya baik-baik semua membantu, alhamdulillah hari ini bisa terjadi,” kata cicit buyut dari keluarga WR Soepratman itu.

Dalam konsernya tersebut Andrea membawakan sekitar 16 lagu diantaranya seperti outsider, garden, with you, boy from panama, one love one heart, nothing about you, saturn light, dust, message unsend, tiada perbedaan, you (beautiful) and daisies, gigantics, honey (rap), outer space, karma, who we are dan young

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *