Enam Sembilan Production Merambah Dunia Film Lewat ‘Koboy Kampus’

by -

Berkembangnya dunia perfilman Indonesia memunculkan banyak Production House (PH) baru. Tidak hanya PH – PH yang di Jakarta, PH daerah pun mulai banyak bermunculan dalam meproduksi sebuah film. Salah satunya adalah Enam Sembilan Production yang memproduksi Film perdananya yang berjudul ’Koboy Kampus’.

Enam Sembilan Production memang baru untuk dunia perfilman namun untuk dunia hiburan khususnya musik, Enam Sembilan Production sudah kawakan seperti yang diungkapkan oleh Rois Sunandar Maming pimpinan Enam Sembilan Production saat peluncuran Poster dan Trailer film ‘Koboy Kampus’ Kamis (04/07/2019) di kawasan SCBD, Jakarta.

Rois Sunandar Maming pimpinan Enam Sembilan Production

“Kita awalnya dari perusahaan Minning (PT Batulicin Enam Sembilan). Kita punya divisi baru yakni media, karena kita senangnya musik kita sempat booming di event – event musik tapi masih di daerah kita yakni Kalimantan belum sampai ke Jakarta untuk yang musik,” ungkap Rois Sunandar Maming di sela – sela peluncuran.

“Startnya kita di pesta adat selama satu bulan full dari berbagai genre dengan artis – artis papan atas. Beberapa artis seperti Sheila On 7, Noah, Armada yang papan atas. Kebetulan kita lagi vakum dulu selama 6 bulan maka terbitlah film ini. Kita lagi contac artis – artis Internasional,” ungkap Rois lagi.

“Dengan berjalannya waktu satu dua tahun kita geluti musik, konser – konser akhirnya kita melebarkan sayap membuat film dibantu oleh bang Budi satu tahun yang lalu 2018”, imbuhnya.

Rois pun memaparkan tentang keterlibatan dari MNC Pictures di film ‘Koboy Kampus’ ini

“Jadi film ini sudah kita garap satu tahun yang lalu bareng Pidi Baiq, Bianglala. Setelah selesai kita gandeng MNC Pictures karena kita serius di bidang ini. MNC Pictures untuk distribusi film kita”, papar Rois.

Film ‘Koboy Kampus’ yang diproduksi Enam Sembilan Production dan MNC Pictures ini bercerita tentang perjalanan band The Panasdalam yang dibentuk Pidi pada 1995. Bukan hanya sebagai band, tapi juga sebagai negara bernama Negara Kesatuan The Panasdalam.

Sementara itu Budi yang juga dari Enam Sembilan Production juga kembali menegaskan tentang perjalanan dari Enam Sembilan Production terjun ke dunia film.

“Ide awalnya Enam Sembilan jangan hanya bergelut dibidang musik. Panggung yang diadakan oleh Enam Sembilan menurut kami dan para artis artis adalah panggung yang paling besar di Indonesia dengan sound system tercanggih di Asia. Kemudian ada keinginan bagaimana supaya daerah kami Kalimantan Selatan juga terangkat di tingkat Nasional salah satunya melalui film”, tegas Budi.

“Dari sana saya ditugaskan pak Rois untuk mulai menjajaki dunia film. Dari sana juga bertemulah dengan orang – orang The Panas Dalam. Awalnya kita melihat novel Dilan dari Pidi Baiq ternyata dia mempunyai banyak novel yang sangat unik untuk di film kan salah satunya adalah Koboy Kampus,” tutur Budi.

“Kemudian kami meneliti dari lagu – lagu The Panas Dalam, dari lagu – lagu tersebut jadi andalan karena antara lagu dan ceritanya nyambung.Kemudian ide ini disampaikan ke pimpinan Alhamdulillah diterima. Mulailah kita garap film ini di bulan Juli 2018 dengan riset satu bulan sebelumnya. Setelah disetujui pimpinan pak Rois dan Mardani Maming jadilah film ‘Koboy Kampus’ ini,” cetus Budi.

Sejumlah aktor muda dan aktor kenamaan Indonesia ada dalam film ini. Yaitu Jason Ranti, Ricky Harun (Ninuk), David John Schaap (Erwin), Miqdad Addausy (Dikdik), Bisma Karisma (Deni), Steffi Zamora Husein (Rosi), Danilla Riyadi (Nova), Vienny JKT 48 (Nia), Christina Colondam (Santi), Jennifer Lepas (Inggrid), Anfa Safitri (Rianto), Chicha Koeswoyo (ibunya Pidi) dan Ria Irawan (ibunya Nia).

Selain aktor ternama Rosi juga mengatakan beberapa putra daerah Kalimantan juga membintangi film ini tepatnya ada 4 putera daerah yang dipilih melalui proses casting dan beberapa figuran.

“Kita juga mengeksplor Pasar Terapung salah satu objek wisata andalan kami yang bisa anda lihat keindahannya,” tambah Budi.

Selain keindahan alam, aktor ternama Budi juga mengatakan kekuatan film di musiknya yang digarap dengan serius. “Di banding film biasa penggarapan musik di film ini agak lama ada 16 lagu yang di arransement ulang selama 4 bulan di film ini. Bahkan ada satu lagu yang diciptakan oleh Pidi Baiq yang sangat Nasionalis. Tonton aja bagaimana kehebatan film ini,” kata Budi.

Meskipun baru melebarkan sayapnya di perfilman Rois menegaskan pihaknya selalu mengikuti selera pasar dan profesional.

“Kita carinya sukses, apa yang dimau pasar kita ikuti. Film ini bagi orang baru berbeda tapi kita pure Profesional”, pungkas Rois.

‘Koboy Kampus’ film perdana dari Enam Sembilan Production ini akan tayang mulai 25 Juli 2019 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *