IZI Targetkan 15.000 Paket Ekspedisi Ramadan 1440 H

by -

Ekspedisi Ramadan merupakan rangkaian kegiatan dari program Booking Berkah Ramadan. Program Booking Berkah Ramadan sendiri merupakan program utama IZI (Inisiatif Zakat Indonesia di bulan suci Ramadan. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu mustahik, khususnya yang berada di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), di 10 titik wilayah pelosok tersebar di Indonesia serta wilayah Jabodetabek, seperti Muara Gembong, Babelan, Bekasi Jawa Barat, serta Petir, Serang Banten.

H-7 datangnya bulan suci Ramadan, Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Lamas lZI), sudah mulai mendistribusikan Paket Ramadan ke 10 wilayah 3T yang telah dipilih IZI. 10 wilayah 3T tersebut yaitu, Sambas (Kalimantan Barat), Singkawang (Kalimantan Barat), Rote Ndao (NTT), Jeneponto (Sulawesi Selatan), Seluma (Bengkulu), Sorong (Papua Barat), Sebatik Nunukan (Kalimantan Utara), Pulau Seram (Maluku), Karo Sinabung (Sumatera Utara), dan Dili (Timor Leste). Pelaksanaanya ditargetkan sampai dengan pertengahan Ramadan. Saat ini, sudah tersalurkan 3.560 Paket Ramadan di sejumlah wilayah nasional yang direncanakan

“Paket – paket ini kami berikan kepada umat muslim agar mereka dapat menjalankan ibadah di bulan suci ini dengan khusyu karena didalamnya ada sejadah dan mukena”, ujar Wildan Dewayana, Direktur Utama IZI, Selasa (14/05/2019) di daerah Condet.

Di balik Ekspedisi Ramadan yang turut menyertakan jajaran Direksi dan Donatur, sudah pasti banyak rintangan yang dilalui, mengingat pendistribusian dilakukan di wilayah 3T. Jarak tempuh yang cukup jauh, medan yang dilalui cukup parah serta sulitnya akses komunikasi. Salah satunya Sorong, Papua, melewati jalanan pegunungan selama 4 jam dengan jalanan berlubang dan berkerikil. Sehingga hanya bisa dilalui oleh kendaraan khusus saja.

Rizqi Rohmat yang turut melakukan Ekspedisi Ramadan di Sorong, Papua menerangkan, melihat keadaan masyarakat dan medan yang dilalui, pendistribusian Paket Ramadan di wilayah 3T sangat tepat sasaran Rizqi juga menyampaikan, dengan begitu penumpukan bantuan yang pernah terjadi di perkotaan tidak terulang lagi, karena ternyata masih banyak saudara-saudara di luar sam yang sangat butuh uluran tangan kita Bahkan ada yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan.

“Kita menarget 15.000 paket dari 3.560 paket yang sudah kita salurkan. Paket ini berisi sembako yang dapat dikonsumsi satu bulan”, ujar Wildan Dewayana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *