Daqu Project Ajak Umat Menghafal Alquran Lewat Musik

by -

tabloidseleberita.com, Daarul Qur’an menginisiasi sebuah project unik, bernama Daqu Project. Bukan sekadar ingin menyajikan musik sebagai hiburan semata, tapi pesan besarnya adalah mengajak umat Islam, khususnya generasi milenial untuk menghafalkan Al-Qur’an lewat medium musik. Apalagi di era digital seperti saat ini, musik dengan mudahnya bisa diunduh dan langsung didengarkan lewat perangkat telepon pintar

Daqu Project sendiri merupakan sebuah project yang diharapkan bisa memberikan motivasi bagi umat Islam untuk menghafalkan Al-Qur’an lewat musik. Semangat untuk memotivasi masyarakat tersebut menginspirasi Daarul Qur’an kembali merilis sebuah album musik religi berjudul Indonesia Menghafal Al-Qur’an.

Album kian terasa spesial lantaran kehadirannya bertepatan dengan momentum bulan suci Ramadan 1440 H, dan melibatkan sejumlah musisi (pop/rock star) di  Tanah Air, seperti Rian Ekky Pradipta D’Masiv, Fadly Padi Reborn, Yukie, Pas Band, Virzha, Naga Lyla Band, serta komposer Benny Hadislani. Album musik bertajuk “Indonesia Menghafal” berisi 10 lagu yang isinya mengajak sekaligus memotivasi masyarakat untuk menghafal Alquran.

Rian Ekky Pradipta D’Masiv sendiri dipercaya sebagai Music Director, dan membuat aransemen musik terasa kian terasa apik.

“Yang buat saya tergerak dalam gerakan ini, ternyata tidak melulu soal uang, tapi bagaimana kita bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Alhamdulillah bisa ajak temen-temen musisi lainnya yang dengan ikhlas dan tulus menyumbangkan suaranya,” kata Rian, saat ditemui di Arosa Hotel, kawasan Bintaro, belum lama ini.

Melalui Daqu Project, Rian berharap anak-anak para penghafal Alquran nantinya bisa menjadi generasi penerus bangsa. Apalagi, mereka nantinya berkesempatan meraih beasiswa hingga ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

“Banyak kegiatan dan program yang cukup menggerakkan hati saya untuk ikutan dalam project ini. Menurut saya ini adalah kegiatan yang luar biasa. Harusnya saya bisa meluangkan waktu untuk hal-hal seperti ini ketimbang melulu mikirin bisnis atau uang dari pekerjaan saya sebagai musisi,” sambung Rian.

Sementara itu Ketua Daarul Our’an yang sekaligus merangkap sebagai produser, Tarmizi As Shidiq mengatakan bahwa album Indonesia Menghafal adalah ikhtiar PPPA Daarul Qur’an meneruskan semangat syiar dakwah KH Yusuf Mansur untuk memotivasi umat Islam menghafalkan Alquran melalui medium musik.

“Kami ingin mengajak semua umat Islam menghafal Alquran dan mejadikan panduan kita untuk hidup kearah yang lebih baik,” kata Tarmizi

“Selain memberikan hiburan lewat album ini, kami berharap dapat membawa kita pada kesadaran untuk menghafal Al-Qur’an,” sambung Tarmizi tentang album yang berisi 10 lagu ini, diantaranya pernah dirilis pada album sebelumnya, misalnya album  Sinar Kebersamaan (2010).

Lagu-lagu tersebut, kini  telah mendapat sentuhan aransemen yang baru agar disukai kaum milenial. Sebut saja, lagu Kun Fayakun oleh Benny Hadislani,  Dream Daqu oleh Fadly Padi Reborn, lagu Go Daqu dinyanyikan oleh Yukie Pas Band dan lagu  Indonesia Menghafal Al-Qur’an oleh Virzha.
Salah satu lagu baru, berjudul Zakat dinyanyikan oleh Fadly.

Selain para musisi terkenal, beberapa santri dan Asaatidz Daqu turut terlibat di album ini. Sebut saja, Nabila Hizky dan Syarifah Habibah. Album Indonesia Menghafal sendiri telah dapat dinikmati melalui platform digital sejak Mei 2019.

“Album fisik ini sudah dapat dibeli di toko milik Yayasan Daarul Qur’an. Seluruh hasil penjualannya digunakan untuk membantu kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Yayasan Daarul Qur’an,” sebut Tarmizi, saat ditemui usai acara launching Album Daqu Project ; Indonesia Menghafal Alqur’an di hotel Arosan, kawasan Bintaro belum lama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *