Jelang Pilpres Iwan Fals Telurkan Album Dalam Kemasan Boxset

by -

tabloidseleberita.com, Jelang Pilres pada April mendatang, Iwan Fals akan kembali menelurkan karya album barunya. Album dari Iwan Fals ini pun akan diberi judul Rosana. Selain bakal merilis album terbarunya, pada akhir Maret mendatang, Iwan Fals akan terlebih dahulu menggelar konser yang bertajuk Aku Cinta. Konser ini akan menjadi sebuah perhelatan kerjasama antara Cikal dan Iwan Fals serta MME Entertaiment selaku promotor.

Dengan hadirnya album ini, menjadi tanda bahwa Iwan Fals masih eksis dalam kancah industri musik Tanah Air diusianya yang sudah masuk ke 60 tahun.

“Awal April 2019 ingin keluarkan album baru yang (berjudul) Rosana itu,” sebut Iwan Fals saat dijumpai di kawasan SCBD, Jakarta Selatan pada Rabu 13 Maret 2019.

Dalam penggarapan album ini, Iwan Fals bekerja sama dengan musisi asal Yogyakarta, Erix Soekamti yang juga pemain bas grup band Endank Soekamti. Selain itu, album ini rencananya akan dirilis dalam bentuk boxset atau album dengan kemasan premium.

Lebih lanjut, Cikal yang merupakan anak sekaligus manajer Iwan Fals mengatakan mereka memang sudah merampungkan album baru ini.

“Proses (penggarapan) album sudah lama, ketemu Mas Erix, apa yang bisa dilakukan lahirlah kegiatan beli album fisik ini,” jelas Cikal.

Di sisi lain, kerjasamanya dengan Erix Soekamti, juga membuat Iwan Fals kagum dengan pemikiran bassist dari Endank Soekamti ini. Terlebih Erix berhasil memberikan terobosan baru untuk para musisi yang menelurkan karyanya dalam bentuk fisik.

“Cinta alamnya luar biasa juga dia (Erix) itu, kreatif, keliling Indonesia buat rekam potret budayanya. Saya juga suka Erix Soekamti, nyawanya rangkap itu anak, jatuh dari pesawat masih hidup,” kata Iwan seraya menunjukkan kekagumannya pada Erix Soekamti.

“Proses (penggarapan) album sudah lama. Ketemu Mas Erix, apa yang bisa dilakukan lahirlah kegiatan beli album fisik ini,” timpal Cikal Rambu Basae, putri Iwan Fals, di lokasi yang sama.

Rosana sendiri diambil dari nama istri Iwan Fals yang biasa disapa Mbak Yos. Mereka menikah pada 1980 silam. Seperti diketahui, Iwan Fals acapkali menciptakan lagu untuk keluarga orang-orang terdekatnya, seperti Galang Rambu Anarki yang merupakan lagu untuk putra pertamanya yang telah tiada pada album Opini tahun 1982. Lalu adapula Cikal, anak keduanya yang menjadi album dan lagunya dengan judul yang sama pada tahun 1991. Album Rosana ini akan menjadi album studio ke-39 dari Iwan Fals selama bermusik, sebanyak 380 lagu telah diciptakannya.

Kendati peluncuran albumnya berdekatan dengan musim pemilu, yakni Pilpres dan Pileg yang serentak dilakukan. Iwan Fals sendiri enggan menunjukkan keberpihakannya kepada salah satu pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019. Apalagi ketika foto Iwan Fals acungkan salam dua jari, yang sontak menjadi viral. Hal ini wajar adanya jika dikait-kaitkan dengan suasana Pilpres yang sedang memanas, karena karya-karya sang legenda tersebut dikenal tajam dengan kritik sosialnya.

“ini nggak ada kaitannya sama Pilpres ya,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *