Niatan dr Ayu Widyaningrum Dirikan Rumah Singgah Untuk Anak Penderita Kanker

by -

Dalam beberapa kesempatan wawancara bersama media, dokter Ayu Widyaningrum selalu mengutarakan niatannya untuk bisa terus memberikan manfaat kehidupan bagi orang sekitarnya. Hal itu nampaknya benar adanya. Sebab belum lama ini ditengah-tengah kesibukannya sebagai dokter Aesthetic di Banjaramasin dirinya masih bersedia menyisihkan waktunya untuk mengunjungi seorang anak remaja penderita kanker di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Widya demikian ia kerap disapa membesuk seorang remaja pria yang sudah sepekan lamanya menjalani pengobatan untuk kanker yang bersarang di bagian leher. Widya juga mengaku kalau hatinya demikian terenyuh ketika melihat kondisi tubuh penderita yang kurus tak lagi bisa bicara dan nampak tak berdaya. Apalagi bagian tengah leher pasien ini sudah dibuatkan lubang untuk jalan nafas, makan dan minum.

Dokter bertubuh mungil ini berkisah soal kedekatan dengan para bocah penyandang kanker yang sebenarnya sudah lama terbangun. Semua bermula sejak dirinya masih menjadi dokter umum di rumah sakit umum daerah (RSUD) Ulin milik pemerintah di Banjarmasin.

“Saya mengenal mereka, saat saya masih menjadi dokter umum di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, di Banjarmasin, saya merasa prihatin dan kasihan melihat mereka yang masih kecil tapi sudah menanggung beban yang begitu berat”, kata perempuan yang baru saja menerima dua penghargaan dari Majalah Penghargaan Indonesia tersebut.

Untuk mewujudkan impiannya itu, dirinya pun mengajak sekaligus menggandeng Komunitas Respek Peduli yang bergerak di bidang sosial, kedatangan dr Ayu berupaya untuk membantu dan memberi perhatian pada anak malang ini dan keluarganya agar tetap tabah dan tak berputus asa.

“Bersama dengan Komunitas Respek Peduli, saya berupaya sebisa mungkin untuk memberi dukungan kepada anak anak ini dan keluarganya dengan memberi pemahaman bahwa penderitaan itu bukan akhir dari segalanya”, ungkapnya.

Berangkat dari situ, ibu dari tiga anak ini memimpikan, ingin memiliki rumah singgah khusus bagi anak-anak penderita kanker, yang bisa dimulai dengan menjalin kerja sama bersama yayasan kanker anak.

“Misalnya,  membangun rumah singgah bagi penderita kanker dan memfasilitasi mereka agar anak-anak lebih terjamin untuk mendapatkan pelayanan kesehatannya,” sebutnya.

Widya pun mendasarkan gagasannya tersebut bahwa pada kenyataannya kebanyakan anak-anak penderita kanker datang dari keluarga tidak mampu. Di sisi lain, Widya ikut menghimbau peran serta pemerintah yang lebih besar lagi dalam tindakan penanganan kanker pada anak-anak. Misalnya, menyediakan obat-obat terbaik dengan harga terjangkau.

“Dengan demikian, penderita tidak perlu menunggu biaya terlebih dulu baru ditangani, guna menghindari pengobatan yang terlambat,” himbau Widya.

Niat baik dokter Ayu Widyaningrum, yang akan mendirikan rumah singgah bagi anak anak penyandang kanker patut diapresiasi. Dengan membangun rumah singgah dirinya berharap bisa lebih fokus membantu mereka yang sedang mengalami kesulitan.

“Niat saya ini sebagai wujud syukur atas segala limpahan berkah yang saya dapatkan dari Tuhan, melalui ini saya ingin berbagi kasih dengan mereka”, ujar Widya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *