Kontemplasi Prabujati Berbuah Suratan Tangan “Your Journey”

TabloidSeleberita.com, – Jakarta, Adalah Prabujati Adistya seorang penulis muda yang belum lama ini merilis buku perdananya “Your Journey”, di Jakarta, Senin (11/2/2019). Your Journey sendiri berisi motivasi bagi kaum milenial untuk mewujudkan impiannya.

Buku-buku tentang pengembangan diri atau motivasi selama ini memang diketahui banyak ditulis oleh para pakar atau motivator yang sudah berpengalaman.

Namun “Your Journey” sebuah buku  berisi motivasi khusus kalangan remaja atau milenial agar berani mewujudkan mimpi-mimpinya menjadi sebuah prestasi, justru ditulis oleh pemuda yang masih berusia 18 tahun.

Dalam buku yang menyasar pangsa pasar kaum milenial itu juga diperlihatkan bagaimana meraih mimpi, kesuksesan, mulai dari merancangnya hingga meraih kesuksesan, terus jatuh lagi, dan berusaha kembali bangkit.

“Bagaimana caranya buku ini bisa memotivasi, kasarannya tidak omong kosong, benar-benar dipikir kata demi kata untuk menyentuh hati,” kata Jati.

Semua bermula dari kesukaannya menuangkan ide ke dalam sebuah karya tulis yang pada akhirnya mengantar seorang pemuda penuh prestasi Prabujati Adistya menjadi penulis buku. Menurutnya, sejak dari SMA dirinya sudah aktif dengan kegiatan KIR (karya ilmiah remaja), yang kerap menorehkan prestasi.

Meraih prestasi sebagai sebuah tim ternyata tidak membuat Jati, demikian dia biasa disapa, berpuas diri. Mencoba terus memburu prestasi secara individu, Jati pun banyak membuat esai, yang dia bagikan di media sosial Instagram.

Karya-karyanya itu pun direspons sangat positif dari para followes-nya. Mengenai “Your Journey”. Jati mengatakan, kata tersebut diambil dari instagram miliknya yakni “My Journey”.

“Banyak banget yang mengirim DM (direct message) untuk meminta esai saya. Dan dari sini akhirnya kepikiran untuk membuat buku,” kata Jati saat ditemui di sebuah rumah makan di kawasan Sabang, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Merasa cukup ribet dengan mengirimkan esainya satu per satu, akhirnya Jati memutuskan untuk membuat sebuah buku. Dan pada 17 April 2018, pemuda kelahiran 28 Juni 2000 itu mulai menulis buku yang diberinya judul “Your Journey“.

Ketika buku berisikan 28 bab itu rampung pada September 2018, Jati sempat kebingungan mau diapakan hasil tulisannya tersebut. Hingga akhirnya datang dukungan dari sang Ayah untuk mencoba mengirimkannya ke penerbit PT Elex Media Komputindo.

“Melalui buku ini aku ingin mengajak teman-teman generasi muda untuk tidak takut mewujudkan mimpi-mimpinya,” ungkapnya.Saat mengenalkan karyanya  di Jakarta, Senin, lelaki kelahiran Cilacap Jawa Tengah yang kini menimba ilmu di Singapura itu mengatakan, “Your Journey” merupakan hasil perenungannya setelah dirinya sering memperoleh berbagai penghargaan di bidang akademis.

Jati, mengisahkan, penulisan buku perdananya itu diawali pada April 2018 dan selesai September di tahun yang sama, dan dalam prosesnya tidak sedikit mengalami kendala.

”Terkadang kehilangan mood untuk menulis, namun kendala-kendala itu akhirnya bisa diatasi dengan mendengarkan musik,” ujar lelaki yang telah menelorkan dua single “Semua Untukku” dan “Kasih Ibu” bareng Tito Soemarsono itu.

”Your Journey” sendiri berisikan  28 bab sesuai dengan tanggal kelahiran almunus SMA 1 Cilacap itu, yakni 28 Juni 2000.     

”Saya ingin mengajak generasi muda dalam meraih mimpinya itu sebagai sebuah perjalanan,” sambung peraih penghargaan dari ITB pada 2017 itu.

Beberapa penghargaan lain yang diperoleh Prabujati yakni dari Universitas Brawijaya (2016), Universitas Lampung (2017), dari Pemerintah Kabupaten Cilacap dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah semua terkait bidang sains.

“Bagaimana cara kita meraih mimpi. Ada juga beberapa pengalaman pribadi. Dan referensi dari, seperti film dan lain-lain,” sebut pemuda yang tengah menempuh studi di Management Development Institute of Singapore.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *