Sukses Season 1 Eagle Institute Indonesia Luncurkan Kalaweit Wildife Rescue Season 2

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

peluncuran KalaweitEagle Institute Indonesia (EII) merupakan yayasan / lembaga yang bergerak di bidang edukasi dan pengembangan film dokumenter. Sejak sebelas tahun lalu EII telah menyelenggarakan Eagle Awards Documentary Competition yang merupakan kompetisi ide film dokumenter untuk pemula. Pada tahun lalu EII meluncurkan program TV Kalaweit Wildlife Rescue Season 1yang cukup sukses. Di tahun ini EII kembali meluncurkan Season 2 nya yang akan ditayangkan di Metro TV.

Program ini kembali menceritakan sepak terjang Chanee, warga negara Indonesia asal Perancis, yang berupaya menyelamatkan beragam satwa liar yang terganggu dan terancam kelangsungan hidupnya. Sejak tahun 1997 Chanee telah bekerja di kawasan hutan Kalimantan untuk mendedikasikan dirinya menyelamatkan satwa liar. Dengan Yayasan Kalaweit Indonesia yang didirikannya, Chanee telah merawat ratusan satwa liar yang tertangkap atau dipelihara manusia lalu dikembalikan ke habitat aslinya di hutan.

Awalnya Chanee hanya fokus dalam penyelamatan primata jenis Owa, salah satu hewan primata di hutan Indonesia yang paling terancam dalam aksi deforestasi di Indonesia. Mereka diburu dan didperjual belikan sebagi hewan peliharaan ketika masih bayi. Lalu saat beranjak dewasa dan makin agresif, hewan inipun akhirnya dibunuh.

“Owa pada waktu masih kecil dipelihara sebagai hewan peliharaan karena masih lucu, namun menjelang dewasa umur 7 – 8 Owa sangat agresif. Kebanyakan tidak ada yang tahu bahwa Owa itu mati bukan karena umurnya sudah tua tapi karena Owa tidak tahan di dalam kurungan”, ujar Chanee, Rabu (02/03/2016) kemarin di Jakarta.

Film documenter ini dibuat dengan senyata mungkin namun tetap ada unsur edukasi dan hiburan seperti yang diungkapkan sang sutradara.

“Pesan yang ingin disampaikan lewat film documenter ini adalah menjaga keseimbangan antara hak – hak satwa dan manusia”, pungkas Chanee

Kalaweit Wildife Rescue Season 2 rencananya akan ditayangkan di Metro TV bulan April 2016 mendatang. @novil_ajadeh

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 6 =