Moonrise Over Egypt, Kisah Perjuangan Agus Salim Yang Dramatis

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tabloidseleberita,- Di tengah gempuran film – film horor dan komedi, TVS Films justru mengangkat film bergenre perjuangan. Lewat film Moonrise Over Egypt, TVS Films menggangkat perjuangan H Agus Salim. H Agus Salim berjuang tidak lewat pertumpahan darah namun lewat jalur diplomasi.

Film ini tidak hanya mengangkat tokoh H Agus Salim saja, film ini juga mengangkat kisah tiga tokoh lainnya yang mendampingi H Agus Salim dalam berdiplomasi di Mesir antara lain Abdurrahman Baswedan (Wakil Menteri Penerangan), Mohammad Rasjidi (Sekjen Departemen Agama), serta Nazir Datuk Sutan Pamuntjak (Pejabat Departemen Luar Negeri).

Keempat tokoh ini pada April 1947 dikirim oleh Presiden Soekarno ke Mesir untuk memperoleh pengakuan kedaulatan atas Republik Indonesia dari Mesir dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Pengakuan kedaulatan dari negara-negara asing sangat penting bagi Republik Indonesia yang baru memproklamirkan kemerdekaannya pada tahun 1945. Karena hal tersebut menjadi syarat berdirinya suatu negara, disamping memiliki pemimpin, rakyat, dan wilayah.

Penggambaran para tokoh – tokoh ini cukup mendetail termasuk letak kopiahnya ada yang agak “miring”.

” Waktu itu memang lagi ngetrend peci miring Soekarno. Dari Foto – foto yang ada juga beberapa pecinya miring “, ujar Pandu Adiputra sang sutradara film ini saat Gala Premier Moonrise Over Egypt, Juma’t (16/03) di Jakarta.

Dalam film Moonrise Over Egypt juga diceritakan mengenai peranan mahasiswa Indonesia di Mesir dalam membantu terwujudnya pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Mesir. Film tersebut sekaligus menjadi potret dari catatan sejarah mengenai besarnya peranan para pelajar Indonesia di Negeri Seribu Menara dalam perjuangan kemerdekaan RI di Timur Tengah.

Film ini juga mengungkapkan aksi spionase yang terjadi di dalam perjuangan H. Agus Salim.

” Perdana Menteri Mesir Mahmud Fahmi El Nokrashy Pasya pernah beberapa kali mengalami percobaan pembunuhan karena keterlibatan diplomasi Agus Salim ini guna mengakui kemerdekaan Indonesia “, ungkap Pandu.

” Jadi spionase ini memang terjadi. Film ini 70 persen nya diambil dari kisah nyata “, tegas Pandu.

Meskipun ini bergenre perjuangan namun penggarapannya cukup ringan dan dramatis serta di dukung dengan keindahan kota Mesir. Moonrise Over Egypt akan ditayangan mulai 22 Maret 2018 mendatang. @novil_ajadeh

Please follow and like us:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 − 30 =