Gerakan Sosial Rilis lagu #2019 Ganti Presiden

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Tabloidseleberita , – Bertempat di Cafe Cerita di kawasan Jalan Otto Iskandardinata (Otista), Jakarta Timur, pada Rabu (6/6). Gerakan sosial #2019 Ganti Presiden merilis sebuah video klip berdurasi 4 menit yang menampilkan lagu #2019 Ganti Presiden ciptaan John Sang Alang.

Jika didengar dan dicermati sepintas lagu ‘2019 Ganti Presiden’ mirip dengan lagu ‘Better Man’ milik Robbie Williams. Tetapi ketika  dikonfirmasi langsung perihal kesamaan tersebut pada Sang Alang, pencipta lagu 2019 Ganti Presiden, dirinya membantah jika lagu ciptannya tersebut menjiplak lagu Robbie Williams yang berjudul ‘Better Man’.

Namun, ia juga tak memungkiri jika pernah mendengar dan mengetahui karya tersebut.

“Sama sekali enggak (menjiplak), saya tidak pernah berpikir (sama dengan lagu ‘better man’). Mungkin inspirasi saja karena kebetulan pernah dengar juga ,” kata Alang di sela-sela acara Peluncuran Video Klip Lagu #2019GantiPresiden di bilangan Jalan Otto Iskandardinata (Otista), Jakarta Timur, Rabu (6/6).

Alang beralasan, kemiripan dalam karya musik sangat mungkin terjadi. Sebab, hanya ada tujuh tangga nada dasar disetiap lagu (karya musik).

“Notasi nada itu kan cuma do re mi fa sol la si. Jadi mustahil (nada yang dibuat) tidak ada yang bersinggungan (mirip),” jelas Alang.

Alang menambahkan, karya musik bisa dikatakan menjiplak jika ada kesamaan nada lebih dari delapan bar. Sedangkan pada lagu ‘2019 ganti presiden’ dengan ‘better man’, kesamaannya tidak lebih dari jumlah tersebut.

“Kan hanya beberapa bar saja. Empat bar saja enggak sampai (sama). Kalau yang melanggar itu jika ada delapan bar sama semua. Lagu 2019 ganti presiden ini enggak ada 8 bar kesamaannya,” bantah Alang.

Sementara itu Djuju Purwanto, salah seorang anggota tim legal dari gerakan dan lagu tersebut mengatakan, tidak ada unsur ujaran kebencian dalam lagu itu.

“Kita yakin betul secara legal enggak ada pelanggaran kebencian di hastag dan lagu (#2019GantiPresiden) ini,” kata Djuju di tempat yang sama.

Pernyataan Djuju juga diperkuat oleh anggota lainnya, Gustiar. Ia yakin tidak ada unsur pelanggaran dalam lagu tersebut.

“Makanya kita wajib berjuang dan lagu tersebut untuk menyemangati,” ucapnya.

Lagu tersebut juga dikomentari oleh Lieus Sungkarisma, salah satu tokoh yang menyanyikan lagu tersebut. Menurutnya lagu tersebut merupakan semangat dari masyarakat untuk bergerak bersama pada Pilpres 2019 mendatang.

“Liriknya bagus, dan massanya banyak. Enggak usah takut rakyat Indonesia karya luar biasa. Ini lagu luar biasa ada ‘roh’nya,” tandasnya.

Lagu tersebut berisi lirik tentang kesengsaraan rakyat pada era Presiden Jokowi. Termasuk protes tentang kasus kriminalisiasi ulama. Berikut sepenggal lirik dari lagu tersebut.

Beban hidup kami enggak kuat, pinginya cepat-cepat tahun depan.

2019 Ganti presiden, bukan presiden yang suka memenjarakan ulama.

2019 Ganti presiden yang gagah perkasa.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 3 = 4