Film ‘Stadhuis Schandaal’, Skandal Cinta Masa Kolonial Rasa Milenial

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

TabloidSeleberita.com, 14 tahun tak membuat karya film, Sutradara senior Adisurya Abdy kembali berkarya duduk di kursi sutradara. kali ini ia hadir membawa film terbarunya berjudul Stadhuis Schandaal, produksi PT Xela Film yang rencananya akan tayang di layar bioskop Tanah Air pada Kamis, 26 Juli mendatang.

Seperti judulnya, Stadhuis Schandaal mengangkat kisah nyata tentang skandal cinta antara Sarah, gadis keturunan Jepang-Belanda dengan Jan Pieterzoon Coen, Gubernur Jenderal pertama, di Stadhuis (Balaikota), berlatar Batavia pada tahun 1628.

Pada film berdurasi 95 menit ini, Adisurya Abdy mencoba mengemas skandal cinta di zaman kolonial tersebut, ke era milenial seperti sekarang ini melalui tokoh Fei, yang diperankan oleh pemain baru, Amanda Riqby.

“Saya membuat film cerita nyata skandal cinta di zaman kolonial yang berlangsung di gedung pemerintahan VOC di Batavia,” ujar Adisurya saat menggelar talkshow: Cerita di Balik Berita Film Stadhuis Schandaal di PPHUI, Kuningan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

“Judulnya pun sengaja menggunakan bahasa Belanda, Stadhuis Schandaal. Maksudnya agar penonton sejak awal sudah mengetahui bahwa film ini memiliki latar belakang zaman VOC,” lanjut Adisurya.
Budayawan sekaligus sastrawan Remy Sylado yang hadir dalam talkshow tersebut mengatakan, saat VOC berkuasa di Batavia ada begitu banyak Gubernur Jenderal berikut dengan skandalnya, yang turut mewarnai catatan sejarah VOC di Tanah Air.

“Tapi Stadhuis Schandaal adalah yang paling menarik. Gedung yang dijadikan Pieterzoon Coen sebagai balaikota pada masa itu, kini menjadi museum Fatahillah. Cerita ini sudah dicatat sebagai sejarah kota Batavia,” kisah Remy Sylado.

Adisurya Abdy memilih para pemain Stadhuis Schandaal, sebagian besar para pemain muda dan disandingkan dengan para opemain senior. Sebut saja, Tara Adia berperan sebagai Saartje Specx / Sarah), Amanda Rigby berperan sebagai Fei, Tio Duarte berperan sebagai Wisnu Wardhana, ayahnya Fei.

Kemudian, Michale Lee berperan sebagai Peter Cortenhoof, Rensi Millano (Samina), Volland Humonggo (Danny Wong), George M Taka (Jan Pieterzoon Coen), Roweina Umboh (Eva Mert), Iwan Burnani (Jaques Spech), Septian Dwicahyo (Hans), Lady Salsabila (Mila), Stephanie Adi (Rika), Ati Cancer (Bibi), Bangkit Sanjaya (pelayan misterius), Kiki Amalia (Via), Anwar Fuadi (Abimanyu).

Please follow and like us:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

31 − 29 =