Cara Merawat Kuku Dengan Bahan Alami Agar Terlihat Menarik

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

KUKU

Kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapileryang memiliki suplai darah kulit sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Perawatan kuku ini bisa juga dilakukan dengan cara yang alami tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Kuku yang sehat biasanya lebih kuat dan tentunya tidak mudah mengelupas, gunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Diantaranya :

  1. Belimbing Wuluh. Bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Caranya cukup dengan menggosokkan potongan belimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah dibilaskan dengan air bersih.
  2. Perbanyak minum air putih. Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam adalah dengan memperbanyak minum air putih. Mengkonsumsi air putih membantu agar kuku tidak kering.
  3. Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium manfaatnya untuk memperkuat kuku. Seperti makanan yang terbuat dari susu dan keju, ikan pari dan ikan saarden, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran seperti Brokolo, kangkung, bayam dsb, buah seperti apel merah, strawberry, pepaya, nanas, mangga, alpukat, manggis dsb.
  4. Lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Selain untuk merawat, ternyata juga bisa digunakan untuk merawat kuku,. Caranya, bersihkan lidah buayadan oleskan secara merata pada kuku. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.
  5. Lemon (kulit Jeruk Nipis). Untuk mengembalikan kuku yang kuning. Caranya, siapkan perasan jeruk lemondan campurkan satu sendok perasaan lemon dengan pasta gigi (disarankan untuk pasta gigi yang memutihkan gigi). Aduk rata, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu sampai mengering. Setelah itu basuh kuku dengan air hangat. Lakukanlah secara teratur minimal seminggu sekali dengan warna kuku yang normal.
  6. Bawang putih. Mengadung zat yang sangat berguna untuk menguatkan kuku. Caranya, parut bawang putih hingga halus, kemudian oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku. Bisa juga dengan langsung, menggosokkan bawang putih pada kuku anda, lakukanlah secara rutin, maka kuku anda akan semakin kuat dan tidak rapuh.

Demikianlah trik atau cara merawat kuku yang bermasalah dan membuat anda tidak pede pada saat bertemu dengan teman-teman anda.Semoga trik atau cara ini bermanfaat untuk lebih tampil beda. @Zalontie

Please follow and like us:
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmailby feather

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

47 + = 51